Mengintip KTT ASEAN 2023 ke-42, Indonesia Siap Bantu Timor Leste Masuk Keanggotaan Penuh ASEAN

Asarela Astrid
Indonesia siap bantu Timor Leste masuk keanggotaan penuh ASEAN. Foto : InfoPublik.id

Terkait pembahasan untuk penyempurnaan rancangan peta jalan bagi keanggotaan penuh Timor Leste, disampaikan Teuku masih berlangsung dalam ASEAN Coordinating Council Working Group on Timor Leste (ACC-WGTL).

Ada beberapa kriteria harus dipenuhi Timor Leste, antara lain penyesuaian aturan nasional, terkait kesepakatan dan dokumen ASEAN, dan pembentukan misi diplomatik negara Timor Leste untuk ASEAN.

KTT ASEAN sebelumnya yang diselenggarakan di Phnom Penh, November 2022, Timor Leste secara prinsip telah disetujui masuk anggota ASEAN ke-11.

ASEAN Coordinating Council (ACC) tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN, pada Februari 2023 sudah  mengadopsi Pedoman Pelaksanaan Status Pengamat yang diberikan kepada negara tersebut di ASEAN, di mana dalam hal ini Menteri Luar Negeri Timor Leste, Adaljiza Magno hadir sebagai pengamat. 

Semoga tulisan terkait Indonesia siap bantu Timor Leste masuk keanggotaan penuh ASEAN ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. 

Silahkan share tulisan ini dan nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id sehingga semakin banyak orang mengetahui informasi yang menarik dan benar. ***

Editor : Asarela Astrid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network