Kemenag Cairkan Rp381 Miliar untuk Raudlatul Athfal (RA)

Asarela Astrid
Kemenag segera cairkan dana BOP Raudlatul Athfal. Foto : Ilustrasi Raudlatul Athfal/ IG @damkar.kotajambi

JAKARTA, iNewsbadung.id - Kemenag cairkan Rp381 miliar untuk Raudlatul Athfal (RA) sebagai Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) tahun 2023

Diakui M. Ali Ramdhani, Dirjen Pendidikan Islam, pihaknya telah  memproses pencairan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Raudlatul Athfal (RA) semenjak dua pekan lalu.

BOP adalah bantuan khusus yang diberikan untuk RA, yakni lembaga pendidikan setingkat Taman Kanak-kanak, binaan Kemenag atau Kementerian Agama.

Dirilis dari siaran pers Kementerian Agama (Kemenag), aggaran Rp381 miliar telah  berada di Rekening Bank Penyalur (RPL), karena itu pihak RA sudah dapat mulai memproses pencairan sesuai juknis yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. 

"Proses yang saat ini berjalan adalah pencairan BOP RA tahap I, dimana . aggaran tersebut diberikan untuk 28.841 RA seluruh Indonesia," jelas Dhani di Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Dikatakan Dhani, demikian pria ini biasa dipanggil, beberapa waktu lalu dia sudah menyetujui pencairan dana,  sesuai prosedur, dimana dana tersebut sudah cair dari Ditjen Perbendaharaan (DJPb) ke RPL BOP milik Pendis Kemenag untuk dicairkan ke rekening masing-masing RA. 

Sementara Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom mengatakan,  pencairan tahap I, BOP akan dicairkan untuk 1.270.963 siswa RA, dimana unit cost BOP yakni Rp600 ribu per siswa, seperti unit cost tahun sebelumnya.

Menurut Isom, untuk mendapatkan dana, setiap RA wajib menjalankan mekanisme seperti dituangkan dalam Pedoman, yakni upload berkas administrasi, verifikasi, sampai teknis pencairan di bank.

Tahun 2023 ini, disebutkan Isom ada 1.270.963 siswa calon penerima BOP RA, dimana proses pencairan dilakukan dalam dua tahap. 

“Kami sedang berupaya sehingga percairan BOP Tahap I seluruhnya selesai sebelum libur lebaran,” terang Isom. 
 
Kepala Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat KSKK Madrasah, Papay Supriatna, sekaligus  penanggungjawab pengelolaan dana BOP RA ini mengungkapkan, pihaknya berkomitmen terus meningkatkan layanan, termasuk pencairan BOP, karena dana BOP menjadi sumber pembiayaan mutlak untuk pelaksanan pembelajaran di tingkat RA. 

“Kami terus berkoordinasi, dengan pengelola BOP RA tingkat kabupaten atau kota, tingkat provinsi, tim di Direktorat KSKK, serta dengan bank penyalur (RPL) untuk akselerasi pencairan dana BOP,  sehingga RA dapat memanfaatkan sesuai juknis," tuturnya.

Papay juga mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah bekerja sama menyiapkan percepatan pencairan BOP RA Tahun Anggaran 2023, yakni Tim BOS Kemenag RI, KPPN Kemenkeu, pihak penyalur, tim BOS kabupaten / kota dan tim provinsi.

Semoga tulisan Kemenag cairkan Rp381 miliar untuk Raudlatul Athfal (RA) sebagai Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) tahun 2023 ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung, dan silahkan share tulisan ini, agar banyak orang mendapatkan informasi yang benar. ***

Editor : Bramantyo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network