Bupati Badung Hadiri Pelebon Putra Pahlawan Nasional, Apa Itu?

Asarela Astrid
Bersama pejabat lain, Bupati Badung hadiri pelebon putra Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai, Jumat (10/2/2023)

BADUNG, iNewsbadung.id - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta hadiri pelebon Putra Pahlawan Nasional, I Gusti Ngurah Rai

Pelebon atau upacara pembakaran jenazah ini dilakukan untuk menghormati jasa I Gusti Ngurah Alit Yudha, putra ketiga I Gusti Ngurah Rai dengan Desak Putu Kari, yang telah berpulang 22 Desember 2022.

Berikut catatan iNewsbadung.id terkait kegiatan Bupati Badung hadiri pelebon putra Pahlawan Nasional, dirangkum dari laman resmi setda.badungkab.go.id. 

1. Sakit Jantung 

Putra ketiga I Gusti Ngurah Rai ini telah berpulang 12 Desember 2022 karena sakit jantung, di RSUP Prof IGNG Ngoerah (RSUP Sanglah) Denpasar, Bali

2. Hormati Jasa 

Kehadiran Bupati Badung untuk menghormati jasa almarhum I Gusti Ngurah Alit Yudha, yang merupakan  tokoh Puri Ngurah Rai. 

3. Menghantarkan Almarhum

Sebagai puncak upacara, pelebon yang dilaksanakan Jumat (10/2/2023) ini untuk menghantarkan almarhum menuju setra Desa Adat Carangsari yang menggunakan bade tumpang 9 dengan ketinggian mencapai 19 meter.

4. Sampaikan Belasungkawa 

Mewakili masyarakat dan pemerintah, Bupati Badung menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya, sehingga almarhum mendapatkan tempat terbaik disisi Ida Sang Hyang Widhi, serta keluarga diberikan ketabahan dan kekuatan. 

5. Tokoh Masyarakat 

I Ngusti Ngurah Alit Yudha adalah tokoh masyarakat, tokoh puri, serta tokoh politik yang memiliki komitmen tinggi, dimana telah berkiprah mengisi kemerdekaan, bahkan jasanya banyak dikenang masyarakat. 

6. Belajar dari Almarhum 

Giri Prasta mengaku selama ini telah  belajar banyak dan terinspirasi dari putra I Gusti Ngurah Rai ini, terutama dalam mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan, serta kesatuan bangsa. 

7. Mohon Maaf Sebesarnya 

Sementara I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha, salah satu putri almarhum sekaligus anggota DPRD Badung, Dapil Petang menyampaikan terimakasih atas perhatian Bupati Badung, yang telah mengantar menuju peristirahatan terakhir, serta mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kekhilafan almarhum semasa hidup.

8. Dihadiri Para Pejabat 

Selain dihadiri Bupati Badung, pelebon ini juga dihadiri Walikota Denpasar Gusti Ngurah Jaya Negara, didamping istri, Ketua Tim Penggerak PKK Badung, Seniasih Giri Prasta, Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes, Ketua KONI Bali IGN Oka Darmawan, Perwakilan TNI, Ida Dalem Semaraputra, tokoh puri, serta tokoh masyarakat.

Demikian catatan iNewsbadung terkait kehadiran Bupati Badung, saat pelebon Putra Pahlawan Nasional. ***

Editor : Dian Burhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network