Menelusuri Hotel Dijuluki Istana Hantu di Bedugul Bali, Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Reza Yunanto
Misteri Hotel Pondok Indah Bedugul yang mendapat julukan Istana Hantu. (Foto: YouTube Jacob Laukaitis)

TABANAN, iNewsbadung.id - Pulau Bali salah satu lokasi tujuan wisata, baik dalam negeri maupun luar negeri. Tak heran bila di pulau berjuluk seribu pura ini banyak berdiri hotel-hotel di hampir semua kawasan wisata.

Mulai dari kelas biasa, melati hingga kelas berbinta inipun berdiri di Bali. Termasuk di kawasan Bedugul, Kabupaten Tabanan,Bali. Di wilayah Bedugul, ada satu hotel yang mencuri perhatian publik. Hotel itu bernama Pondok Indah Bedugul. 

Namun tak seperti hotel pada umumnya, hotel ini tak ada penghuninya. Bahkan sejak pertama kali berdiri, tak pernah ada tamu yang menginap di hotel ini.

Hotel yang kerap disingkat menjadi Hotel P.I Bedugul Bali ini menyimpan misteri. Ada yang menyebutnya sebagai Istana Hantu sehingga menimbulkan kesan angker.

Sejarah Hotel Pondok Indah Bedugul Hotel yang berlokasi di Desa Batunya, Kecamatan Baturiti ini dibangun pada tahun 90-an sebelum krisis moneter melanda Indonesia pada 1998. 

Namun proyek pembangunan hotel tiba-tiba berhenti begitu saja, meski sebagian bangunan telah berdiri.  

Tak jelas siapa pemilik hotel ini. Desas-desus menyebutkan hotel ini milik salah satu anggota Keluarga Cendana, yakni Hutomo Mandala Putra yang merupakan anak mantan Presiden Soeharto. Namun ada yang mengatakan hotel ini milik pengusaha asing yang terganjal masalah perizinan.

Keberadaan hotel ini nyaris terlupakan oleh warga Bali, hingga seorang wisatawan asing, Jacob Laukaitis mengungkap keberadaan hotel ini melalui channel YouTube miliknya.

Dalam video berjudul 'Massive Abandoned Hotel in Bali | Ghost Palace Hotel, Indonesia' yang diunggah pada 2015 itu, dia  memperlihatkan kondisi hotel tersebut.

Dia menjelajahi hampir seluruh bagian hotel yang tampak seperti bangunan tak terawat. 

"Nobody knows why it was abandoned 10 year ago," bunyi narasi dalam video tersebut. Setiap sudut bangunan hotel dia telusuri. Bahkan ada sebuah tulisan di wastafel berbunyi 'Di sini ada hantu' 

Editor : Dian Burhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network