Menilik Masjid Bersejarah dan Tertua di Pulau Bali Kini Jadi Lokasi Wisata Religi

Burhani
Masjid tertua di Pulau Bali (Foto: Ist)

BADUNG, iNews.id - Meski Bali terkenal dengan masyarakat yang mayoritas beragama Hindu, namun saling menghormati dan rasa toleransi tetap terjaga dengan baik. 

Ada masjid tua di Bali yang sampai saat ini digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah inilah tempat wisata religion yang memiliki sejarah Islam di Bali, Kampung Gelgel, Klungkung Bali

Di kampung ini merupakan pemukiman muslim tertua di Bali. Disana terdapat sebuah masjid sebagai sarana untuk beribadah yakni Masjid Nurul Huda.

Dilansir dari Indonesia.go.id, dalam berbagai literasi disebutkan, ketika menghadiri sebuah konferensi di Majapahit yang diadakan Prabu Hayam Wuruk pada 1384, Dalem Ketut Ngelesir mendapat keistimewaan.

Prabu Hayam Wuruk mempersembahkan 40 prajurit pilihan Majapahit untuk mengawal kepulangan Dalem Ketut Ngelesir ke Pulau Dewata. Ke-40 prajurit ini ternyata beragama Islam.

Para prajurit Majapahit tersebut akhirnya menetap di Bali di salah satu perkampungan yang disiapkan. Hingga akhirnya di awal bad ke-14 membangun Masjid. 

Sempat mengalami perbaikan sebelum akhirnya dibangun ulang berkonstruksi beton 2 lantai pada 1989.

Hingga saat ini di dalam masjid masih tersimpan mimbar khotbah masjid terbuat dari kayu jati berukir motif khas Bali.

Editor : Bramantyo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network