get app
inews
Aa Read Next : Respati Ardi Blusukan di Gilingan, Didoakan jadi Penerus Gibran Rakabuming Raka

SEMPAL Kecam Cawe-cawe Dinasti Politik Jokowi dalam Pilkada, Minta Bawaslu Lebih Pro Aktif

Jum'at, 13 September 2024 | 22:03 WIB
header img
SEMPAL saat melakukan diskusi kamisan terlait cawe-cawe Gibran Rakabuming Raka. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

Sebagai wakil presiden terpilih yang seharusnya membawa harapan baru bagi politik Indonesia, Gibran justru menunjukkan tidak kebal terhadap godaan politik praktis yang merusak demokrasi. 

Yosep melihat, dalam konteks ini, keterlibatannya lebih dari sekadar masalah hukum, karena ini adalah masalah moral dan prinsip. 

"Seorang pemimpin nasional harus menjadi contoh bagi pejabat publik lain tentang menjaga netralitas dan integritas dalam proses demokrasi, terutama di tingkat daerah," tansas Yosep. 

Pada akhirnya, apa yang dilakukan Gibran dalam mendampingi paslon Respati dan Astrid dalam kegiatan sosialisasi, dikatakan Yosep bukan sekadar persoalan teknis atau aturan semata. 

Ini merupakan soal komitmen terhadap prinsip demokrasi, etika kepemimpinan dan tanggung jawab moral seorang pemimpin nasional, karena dalam situasi seperti ini, yang diperlukan bukan hanya teguran ringan atau peringatan, namun juga tindakan tegas dari lembaga pengawas pemilu untuk menunjukkan bahwa tidak ada yang kebal terhadap hukum, termasuk seorang wakil presiden terpilih yang mempunyai pengaruh besar.

Sebagai rakyat yang menjunjung nilai demokrasi yang bermoral dan beretika, Yosep mengingatkan bahwa demokrasi yang sehat adalah demokrasi di mana proses pemilihan berlangsung adil, jujur dan transparan. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut