get app
inews
Aa Read Next : UMUKA Solo dan RS Paru Mangunharjo Madiun Jalin Kerjasama, Ini Harapannya

Pertama di Indonesia, Mahasiswa UMUKA Ciptakan Aplikasi E-Santri

Senin, 22 Juli 2024 | 18:44 WIB
header img
Bersama Menparekraf Sandiaga Uno, mahasiswa UMUKA pamerkan aplikasi E-Santri. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

Persiapan dan Perancangan 

Sementara keberhasilan tim E-Santri tidak luput dari persiapan yang dilakukan dalam mengembangkan aplikasi, mulai dari perancangan prototipe aplikasi, proses pembuatan aplikasi, sosialisasi dan kerjasama dengan ponpes di Solo Raya. 

Di samping itu juga melakukan sinkronisasi database ke aplikasi, uji coba aplikasi, persiapan launching aplikasi dan launching aplikasi.

“Persiapan kami mulai dari melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing, termasuk koordinasi dengan dosen informatika terkait pembuatan aplikasi, rapat tahap awal, mengumpulkan seluruh tim untuk membahas perencanaan projek aplikasi dari tahap awal sampai akhir,” ujar Indra.

Meskipun dalam proses pembuatan aplikasi ini tidak luput dari berbagai kesulitan, namun keberadaan E-Santri membuat Indra bangga karena banyak ponpes memberikan apresiasi.  

Diakui Indra, kendala dan kesulitan yang ditemui seperti sulitnya membagi waktu antara projek dan kuliah, serta jauhnya lokasi ponpes yang lumayan jauh, sehingga menjadi kendala dalam menyusun database.

Indra berharap aplikasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan terus berkembang menciptakan pendidikan lebih baik, sehingga dapat mengurangi kecemasan masyarakat terkait banyaknya ponpes yang belum memiliki izin resmi, serta belum memenuhi standar operasional. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut