get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Badung Ajak Terus Berjuang Mengamalkan Pancasila

PSBPS UMS Gandeng LBIPU Gelar Pelatihan Nasional Tingkatkan Kepekaan Toleransi

Sabtu, 15 Juni 2024 | 21:59 WIB
header img
Tingkatkan kepekaan toleransi dan pemahaman tentang Pancasila, UMS lakukan hal ini. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

Pinem, peserta dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, menyebutkan bahwa  nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang luhur seharusnya menjadi pijakan.

"Sebaliknya, Pancasila semakin jauh dari perilaku kita. Mirisnya lagi, Pancasila semakin teranaktirikan dalam berbangsa dan bernegara," urai Pinem. 

Pinem berharap, selain pembelajaran Pancasila yang menarik dengan sistem pembelajaran aktif, Pancasila juga bisa dijadikan sebagai penggerak masyarakat untuk menjadikan nilai-nilainya bukan sekedar kata-kata, namun juga laku.

Karena itu, ditambahkan Pinem, kesatuan antara kata dan laku betul-betul menjadi harapan semua orang dan menjadi aksi nyata di tengah kehidupan. 

Pelatihan yang diikuti wilayah Jakarta dan Jawa Barat Jakarta (Universitas Muhammadiyah Jakarta), Kalimantan (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur), Sumatra (Universitas Jambi), Jawa Timur dan Indonesia Timur (Universitas Muhammadiyah Surabaya) ini diharapkan dapat menjadi resonansi ke seluruh kampus dan sekolah-sekolah di Indonesia. 

Selain itu, pelatihan ini juga diikuti dari  Universitas Negeri Semarang, Universitas Ivet Semarang, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, UIN Raden Mas Said Surakarta, UIN Salatiga, UNIMMA dan Universitas Borneo Tarakan. 

Semoga tulisan tentang PSBPS UMS Gandeng LBIPU Gelar Pelatihan Nasional Tingkatkan Kepekaan Toleransi, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut