get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Badung Ajak Terus Berjuang Mengamalkan Pancasila

PSBPS UMS Gandeng LBIPU Gelar Pelatihan Nasional Tingkatkan Kepekaan Toleransi

Sabtu, 15 Juni 2024 | 21:59 WIB
header img
Tingkatkan kepekaan toleransi dan pemahaman tentang Pancasila, UMS lakukan hal ini. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SUKOHARJO, iNewsbadung.id - Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial Universitas Muhammadiyah Surakarta (PSBPS UMS) gandeng Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LBIPU) tingkatkan kepekaan toleransi, keberagaman dan keterampilan pedagogis.

Pelatihan nasional ini digelar karena masih kurangnya keseriusan dalam mengimplementasikan Pancasila, sehingga mengakibatkan masyarakat cenderung melihat keberagaman dan perbedaan etnis, suku, serta agama bukan sebagai kekayaan, tetapi sebagai beban, atau ancaman.

Kerjasama PSBPS UMS dengan LBIPU ini telah menginisiasi program revitalisasi, institusionalisasi dan standardisasi Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Indonesia (RISP3TI).

Menurut Yayah Khisbiyah, Direktur Eksekutif PSBPS UMS, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Muhammadiyah dalam mendukung Pancasila sebagai Darul ’Ahdi Wa Syahadah. 

Ditambahkan Yayah Khisbiyah, pelatihan ini memiliki tujuan menjadikan Pancasila bukan sekedar teori, namun diejawantahkan dalam perilaku.

Program yang didukung Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah dan konsorsium Harmoni ini disebutkan Yayah Khisbiyah sebagai  respon atas kemunduran demokrasi, bukan hanya yang terjadi di masyarakat, tetapi juga di lingkup penyelenggara negara. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut