get app
inews
Aa Read Next : UNS dan ITB Lolos Top 3 Pertamuda Seed and Scale 2023

Mahasiswa KKN 49 UNS gelar pelatihan akuaponik sistem budikdamper di Desa Sobokerto Boyolali

Rabu, 30 Agustus 2023 | 19:27 WIB
header img
KKN 49 UNS gelar pelatihan akuaponik sistem budikdamper di Desa Sobokerto Boyolali. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

BOYOLALI, iNewsbadung.id - Rendahnya ketahanan pangan Indonesia yang belum dapat mewujudkan kemandirian pangan, salah satunya disebabkan karena sempitnya lahan pertanian, membuat mahasiswa KKN 49 UNS melihat peluang ini. 

Karena itu, mahasiswa KKN 49 UNS 
mengajak masyarakat Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali memanfaatkan pekarangan rumah untuk budidaya tanaman, melalui pelatihan akuaponik sistem budikdamper. 

Pelatihan akuaponik untuk pemanfaatan lahan sempit ini diharapkan mampu membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan Indonesia, terutama bagi keluarga. 

Pelatihan akuaponik yang dilakukan mahasiswa KKN 49 UNS ini dilakukan untuk mengoptimalkan potensi lahan pekarangan di Desa Sobokerto, di mana pertanian pekarangan atau lahan sempit memiliki potensi untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga. 

Dito, penanggungjawab pelatihan mengatakan bahwa budidaya lahan sempit ini sesuai tujuan pemerintah yang gencar mewujudkan pertanian organik, seperti berbentuk konversi dari pertanian konvensional ke organik.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut