get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan Air Mineral Resmi, Perkuat Brand Awarness dan Citra Wisata Bali

BMKG Bali Himbau Masyarakat Selalu Perhatikan Peringatan Dini Gelombang Tinggi Perairan Bali dan NTB

Senin, 03 Juli 2023 | 19:31 WIB
header img
BMKG Bali himbau masyarakat selalu memperhatikan peringatan dini gelombang tinggi perairan Bali dan NTB. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

DENPASAR, iNewsbadung.id - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Bali himbau masyarakat selalu memperhatikan peringatan dini gelombang tinggi perairan Bali dan NTB.

Peringatan dini ini disampaikan BMKG Bali, berlaku hingga Selasa (4/7/2023) melalui Instagram resminya, di mana tinggi gelombang mencapai 1.25-2.5 meter atau kategori sedang ini  berpeluang terjadi di beberapa tempat seperti Laut Bali, Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok, Selat Alas bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Bali-NTB dan perairan Selatan Bali-NTB. 

Disebutkan BMKG, masyarakat agar memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan, di mana kecepatan angin lebih dari 15 knot dengan tinggi gelombang diatas 1.25 m.

Kapal Tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dengan tinggi gelombang diatas 1.5 m, sedangkan kapal ferry, kecepatan angin lebih dari 21 knot, di mana tinggi gelombang di atas 2.5 m. 

Sedangkan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang diatas 40 m).

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar menghimbau masyarakat dan kapal-kapal agar melakukan aktivitas di daerah yang tercantum pada peringatan dini tersebut. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut