get app
inews
Aa Read Next : Adhiwangsa Jadi Satu-satunya Hotel di Kota Solo yang Siapkan Menu Ikan Segar, Ini Ulasannya

Luhut Binsar Pandjaitan Sambut Baik Kejurnas Atletik 2023 Solo, untuk Mencari Bibit Terbaik

Rabu, 21 Juni 2023 | 21:59 WIB
header img
Luhut Binsar Pandjaitan sambut baik Kejurnas Atletik 2023 Solo, untuk mencari bibit terbaik. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewbadung.id - Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Kabinet Kerja, sekaligus Ketua Umum PB. PASI sambut baik Kejurnas Atletik 2023 Solo, untuk mencari bibit terbaik.

Apresiasi positif ini disampaikan Luhut Pandjaitan saat memberikan sambutan pembukaan Kejurnas Atletik 2023 Solo U18, U20 dan Senior, yang digelar di Stadion Sriwedari, Jalan Bhayangkara Sriwedari Surakarta, Rabu (21/6/2023).

Dipilihnya Kota Solo sebagai lokasi Kejurnas Atletik 2023, diakui Luhut karena Solo mempunyai sejarah panjang terciptanya olahraga atletik, pada masa penjajahan tahun 1917, sudah berdiri Organisasi Atletik, di mana setelahnya yakni tahun 1943 Kota Solo menjadi tempat pertama diadakannya perlombaan segitiga atletik antar pelajar sekolah menengah di Bandung, Jogja dan Solo. 

Luhut juga berharap agar atletik lebih maju, modern dan berprestasi, di mana  peran pengurus provinsi sangat penting untuk mempersiapkan diri menyongsong cabang olahraga atletik, agar lebih maju dan lebih berprestasi.

Tindakan jangka pendek dilakukan pemerintah dengan melakukan banyak kompetisi di daerah-daerah untuk  mencari bibit atletik, di samping pembentukan pelatnas mandiri yang dibiayai sponsor, termasuk uji coba di berbagai event Internasional yang menjadi fokus utama dalam memperbaiki olahraga tertua ini.

Pembinaan terhadap atlet disampaikan Luhut telah dilakukan, di mana hasil pembinaan lebih kurang dari satu  tahun telah mampu membuktikan bahwa atletik dapat berjaya kembali, terbukti dengan perolehan 7 emas, 3 perak dan 9 perunggu pada SEA Games 2023 di Kamboja. 

Bahkan cabang olahraga atletik pun berhasil menempati posisi kedua peraih emas terbanyak pada SEA Games 2023.

Padahal sebelumnya, hasil kurang memuaskan diperoleh pada SEA Games 2022 di Vietnam, di mana tim Atletik Indonesia harus pulang hanya membawa 2 medali emas, 5 medali perak dan 4 medali perunggu. 

Pengalaman ini menjadi tantangan baru bagi PASI, di mana dalam waktu singkat mengambil langkah-langkah perbaikan strategis, yakni  mendengarkan semua kritik dan masukan secara internal, meliputi konsolidasi teknis, serta menjalin komunikasi dengan para stakeholder dan sponsor yang berpotensi mendukung olahraga atletik.

Sementara Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Jawa Tengah juga menyambut baik kegiatan yang digelar mulai Selasa (20/6/2023) sampai Senin (26/6/2023). 

Menurut Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Kejurnas Atletik tahun 2023 adalah ajang mengasah skill bertanding bagi calon atlet dari PB PASI, serta babak kualifikasi PON ke-21 tahun 2024. 

"Kejuaraan ini juga menjadi ajang kejujuran sportivitas dan fair play para atlet dalam memperoleh kemenangan," ujar Wagub Jawa Tengah.

Taj Yasin Maimoen juga merasa tersanjung, karena kegiatan ini merupakan kehormatan untuk Pemprov Jawa Tengah, terkhusus Kota Surakarta yang ditunjuk menjadi penyelenggara kejurnas atletik. 

Taj Yasin berharap kegiatan ini dapat  mengembalikan marwa atletik sebagai cabang olahraga yang murah, dapat dinikmati semua kalangan serta tercipta olahraga atletik yang lebih modern, maju, dan berprestasi.

Wakil Gubernur juga berharap, kejurnas ini mampu membangkitkan semangat para atlet dan pelatih dalam mengejar target-target, melahirkan atlet baru dari daerah, serta mengukur kemampuan atlet binaan di daerah.

Kejurnas Atletik 2023 ini diikuti 37 provinsi, 1300 atlet, 300 official, dengan 200 nomer lomba di mana salah satu lomba, yakni jalan cepat 20 km akan digelar di luar Stadion Sriwedari, yakni di Jalan Bhayangkara, Minggu (25/6/2023).

Kejurnas Atletik 2012 ini juga dihadiri Gibran Rakabuming Raka (Walikota Surakarta), Mayjen Purnawirawan Zacky Anwar Makarim (Ketua Bidang Organisasi dan Provinsi PB PASI demisioner), Tigor M. Tanjung (Sekretaris Umum PB PASI), Jodi Mahardi (Wakil Sekretaris Ketua Umum PB PASI), Septian Hario Seto (Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan / PB PASI), S. Budi Syukur (Wakil Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia / PASI). 

Di samping itu juga dihadiri Kolonel Inf Ali Achwan, S.E. (Danrem 074/Wrt), Kombespol Iwan Saktiadi, S.I.K., M.H., M.Si. (Kapolresta Surakarta), Letkol Inf Devy Kristiono, S.E., M.Si. (Dandim 0735/Ska), Dr. Rumini, M. Pd (Ketua Umum Pengprov PASI Jateng), Ir. Ahyani, M.A. (Sekretaris Daerah Kota Surakarta), Drs. Lilik Sunandar (Ketua KONI Kota Surakarta), para ketua dan pengurus provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) seluruh Indonesia. 

Semoga tulisan tentang Luhut Binsar Pandjaitan sambut baik Kejurnas Atletik 2023 Solo, untuk mencari bibit terbaik ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Silahkan share tulisan ini dan nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id, sehingga semakin banyak orang mengetahui informasi menarik lainnya. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut