get app
inews
Aa Read Next : Universitas Kusuma Husada Surakarta Gandeng Instituto Ciencias Da Saude Timor Leste dalam Webinar

Mengintip KTT ASEAN 2023 ke-42, Indonesia Siap Bantu Timor Leste Masuk Keanggotaan Penuh ASEAN

Selasa, 09 Mei 2023 | 08:39 WIB
header img
Indonesia siap bantu Timor Leste masuk keanggotaan penuh ASEAN. Foto : InfoPublik.id

NTT, iNewsbadung.id - Indonesia siap bantu Timor Leste masuk keanggotaan penuh ASEAN, salah satunya dengan penyesuaian perjanjian di bidang ekonomi, sosial budaya, serta politik.

Pernyataan ini disampaikan Sidharto Reza Suryodhipuro, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, saat konferensi pers di Media Center KTT ASEAN ke-42 Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/5/2023).

"Untuk menuju keanggotaan penuh ASEAN, ada berbagai pernjanjian harus dipenuhi Timor Leste, yang cukup rumit yaitu bidang ekonomi," ungkap Sidharto.

Dilansir iNewsbadung.id dari laman resmi Info Publik, Sidharto mengatakan bahwa kerumitan di bidang ekonomi karena harus berhubungan dengan negara lain.

Bantuan yang diberikan Indonesia, diakui Sidharto yakni dalam membantu peningkatan kapasitas teknis para aparatur sipil negara (ASN) Timor Leste, di mana sejumlah 30 ASN Timor Leste akan berpartisasi di sejumlah kementerian, termasuk Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan. 

Sementara sebelumnya, Teuku Faizasyah, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, di Labuan Bajo, Sabtu (6/5/2023) mengungkapkan jika Indonesia secara konsisten akan  mendukung Timor Leste masuk menjadi anggota ASEAN ke-11.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut