BADUNG, iNewsbadung.id - Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa minta OPD wujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat, serta daya saing daerah melalui reformasi birokrasi.
Terkait harapan untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat ini dibutuhkan percepatan peningkatan kualitas, serta kinerja pelayanan publik, melalui inovasi pelayanan publik, sehingga harapan masyarakat dapat terpenuhi.
Dirilis iNewsbadung.id dari laman resmi Setda Kabupaten Badung, di Arnawa mengajak mengubah stigma, sehingga kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang mendapatkan penghargaan pelayanan publik secara administratif.
Arnawa menghimbau agar selalu melaksanakan terobosan, serta inovasi, mengingat isu terkait reformasi birokrasi, perangkat daerah harus dapat mendorong reformasi birokrasi berbasis tematik, di mana didalamnya ada isu pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi dan lainnya.
Saat membuka Pembinaan Pelayanan Publik Tahun 2023, sekaligus Penyerahan Piagam Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2022 kepada OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, Adi Arnawa meminta jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Badung mampu menerjemahkan, serta menjabarkan esensi reformasi birokrasi.
Prinsipnya yakni mengubah mindset ASN menjadi pelayan masyarakat, agar melalui terobosan pelayanan ini, gagasan atau ide kreatif orisinil, adaptasi atau modifikasi dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Terobosan ini merupakan upaya sistematis yang dilakukan secara instansional, meliputi kegiatan penciptaan, pengembangan, serta pelembagaan inovasi.
Sekda Adi Arnawa mengajak ASN selalu mengedepankan transparansi, kepastian hukum, serta melakukan penyederhanaan birokrasi pelayanan publik.
"Jalan satu-satunya mewujudkannya adalah menerapkan digitalisasi dan inovasi, sehingga saya minta teman-teman memiliki target kinerja dan berlomba-lomba melakukan inovasi, karena ini akan menjadi dasar atau instrumen dalam memberikan reward dan punishment,” terang Adi Arnawa.
Sementara Asisten Administrasi Umum Kabupaten Badung, Cokorda Raka Darmawan menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, serta memberikan piagam penghargaan kepada perangkat daerah dengan kategori pelayanan prima dan sangat baik pada evaluasi kepatuhan pelayanan publik tahun 2022.
Cokorda Raka menambahkan, pemberian pembinaan diberikan terkait kepatuhan pelayanan publik bagi perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, dan peningkatan kualitas budaya pelayanan prima.
Kegiatan yang digelar Rabu (26/4/2023) di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung ini juga menghadirkan narasumber, yakni Dr. Dra. I Gusti Ayu Manuati Dewi, M.A., dari Universitas Udayana, serta Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bali, I Nyoman Agus Santika.
Hadir dalam kegiatan, antara lain para Staf Ahli Bupati Badung, para Asisten di Pemkab Badung, Kepala OPD di Lingkup Pemkab Badung, Direktur Utama RSD Mangusada, Tim Fasilitasi Pelayanan Publik dan Tatalaksana Kabupaten Badung Tahun 2023, dan seluruh peserta Pembinaan Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Badung.
Semoga tulisan Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa minta OPD wujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat ini dapat bermanfaat.
Silahkan share tulisan ini dan nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id, agar semakin banyak orang mengenal dan mengetahui informasi yang menarik dan benar. ***
Editor : Asarela Astrid