get app
inews
Aa Read Next : Hadiri Karya Ngenteg Linggih, Wakil Bupati Badung Suisa Serahkan Bantuan

Wakil Bupati Suiasa Yakin, Badung Menjadi Contoh Membangun Desa Antikorupsi

Rabu, 22 November 2023 | 19:21 WIB
header img
Wakil Bupati Ketut Suiasa yakin, Kabupaten Badung menjadi contoh membangun desa anti korupsi. Foto : iNewsbadung.id / Setda Badung Kab

BADUNG, iNewsbadung.id – Puncak peringatan Road to Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) di Kabupaten Badung tahun 2023 baru saja digelar, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa yakin, desa-desa atau kelurahan di Badung mampu menjadi contoh membangun desa antikorupsi.

Keyakinan Suiasa ini tidak terlepas dari besarnya komitmen para bendesa, perbekel, lurah dan seluruh elemen masyarakat, yang mengedepankan integritas sebagai pelayan masyarakat, serta bertanggung jawab mewujudkan Indonesia bebas korupsi.

Sebagai ujung tombak sistem pemerintahan di Indonesia, desa wajib mewujudkan tata kelola desa yang transparan dan baik, di mana program desa antikorupsi, dibuat untuk mendorong peran masyarakat mewujudkan tata kelola desa yang baik, serta pemberantasan korupsi.

Mewakili Bupati Badung Giri Prasta, Suiasa menyebutkan bahwa sejak tahun 2022, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, menjadi percontohan desa antikorupsi di Kabupaten Badung, di mana sudah melalui serangkaian penilaian dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.

Penilaian terhadap desa yang pernah meraih juara pertama lomba desa regional II tingkat nasional tahun 2017 ini mempertimbangkan nilai-nilai kearifan lokal dalam mewujudkan prinsip tata pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, profesional, efisien, efektif, bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Suiasa berharap, pembangunan desa antikorupsi bisa dilakukan secara masif di desa-desa dan kelurahan di seluruh Kabupaten Badung, untuk mengoptimalkan peran desa/kelurahan dalam membangun nilai integritas, serta mencegah tindak pidana korupsi.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut