get app
inews
Aa Read Next : Misteri Relief Kaki Candi Borobudur Ditimbun Batu, Bikin Penasaran Petinggi Militer Jepang

8 Fakta Mengagumkan Candi Borobudur, Fakta Pertama Mendebarkan

Kamis, 13 April 2023 | 20:26 WIB
header img
Candi Borobudur banyak menyimpan fakta-fakta mengagumkan. Foto : Pixabay

Fakta mengagumkan keenam Candi Borobudur memuat jumlah relief yang mengagumkan banyaknya. Candi Borobudur yang berukuran 123 meter x 123 meter dengan tinggi 42 meter itu, memiliki 2.672 pahatan relief terdiri 1.460 relief cerita dan sisanya motif hiasan. 

Semua relief cerita yang dipahatkan pada dinding candi harus dibaca dari kanan ke kiri (Pradaksina). Namun bila semua relief ini dibentangkan dalam satu garis lurus panjangnya bisa mencapai 5 km.

Fakta mengagumkan ketujuh, pada tahun 950 M, Candi Borobudur terkubur oleh letusan Gunung Merapi. Berabad-abad lamanya Candi Buddha itu terkubur dalam kegelapan sejarah.

Apalagi pusat kebudayaan berpindah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur, Candi Borobudur benar-benar dilupakan orang. Candi Borobudur ditemukan kembali hampir seribu tahun kemudian, (tahun 1814). Penemuan kembali Candi Boralobudur jasa Sir Thomas Stamford Raffles.

Fakta mengagumkan kedelapan. Candi Borobudur menjadi situs Warisan Budaya Dunia. Candi Borobudur adalah bangunan suci Buddha Mahayana. Candi Borobudur merupakan cagar budaya yang keberadaannya diakui sebagai salah satu maha karya manusia di muka bumi. 

Sejak tahun 1991, Borobudur (beserta Mendut dan Pawon) ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut