get app
inews
Aa
Read Next : Lunpia Cik Meme ikon Oleh-Oleh Khas Semarang Beri Kejutan Spesial di 1 Dekade LCM, Apa Itu? 

Diyakini sebagai Murid Sunan Kalijaga, Monyet Goa Kreo Kerap Jadi Petunjuk Peristiwa Besar

Kamis, 29 September 2022 | 23:58 WIB
header img
Kawanan Monyet di jalan menuju Goa Kreo yang diyakini sebagai murid Sunan Kalijaga (Foto: iNewsbadung.id/Klasik Herlambang)

SEMARANG, iNewsbadung.id - Selain menyajikan keindahan alam, Goa Kreo yang berada di Desa Talun Kacang, Kecamatan Gunung Pati, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah merupakan salah satu tempat wisata yang unik.

Sebab kawasan di sekitar goa ini dihuni oleh ribuan ekor monyet ekor panjang, yang diyakini sebagai jelmaan pengikut Sunan Kalijaga.

Dan monyet-monyet ini meskipun tampak liar, mereka tidak pernah sampai mengganggu para pengunjung yang ingin menikmati indahnya pemandangan di sekitar goa.

Bahkan beberapa di antaranya akan terlihat sangat akrab dengan para pengunjung yang menyodorinya makanan.

Goa Kreo sendiri adalah tempat di mana Sunan Kalijaga melakukan tapa semedi untuk meminta petunjuk dari Tuhan terkait dengan upaya pembangunan Masjid Agung Demak.

Konon beliau diberi tugas untuk mencari kayu jati yang akan digunakan sebagai tiang penyangga masjid itu.

Namun setelah mendapatkan batang kayu jati yang berukuran sangat besar, Sunan Kalijaga kebingungan untuk bisa membawanya.

Maka dia kemudian berdoa kepada Tuhan agar diberikan petunjuk. Namun alangkah terkejutnya sang sunan saat selesai berdoa ternyata dia didatangi empat ekor monyet dengan warna bulu yang berbeda-beda. Yaitu putih, hitam, merah dan coklat.

Monyet-monyet itu kemudian menawarkan bantuan untuk membawakan batang kayu jati itu, dengan satu syarat mereka diangkat sebagai murid sang sunan.

Dan Sunan Kalijaga semakin heran melihat kekuatan yang dimiliki binatang-binatang itu.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut