get app
inews
Aa Read Next : Kidung Rumekso ing Wengi, Mantram Magis Penolak Bala Ajaran Sunan Kalijaga

Tombo Ati Penenang Batin, Ajaran Sunan Bonang

Jum'at, 14 April 2023 | 21:43 WIB
header img
Makam Sunan Bonang di Tuban. Foto : iNewsjatim.id

TUBAN, iNewsbadung.id - Syair atau lirik Tombo Ati yang dilantunkan melalui tembang, memiliki makna amat mendalam sekaligus menyejukkan jiwa. Hal ini tidak bisa dipisahkan dengan sejarah terciptanya tembang Tombo Ati ini. 

Tembang Tombo Ati konon diciptakan Sunan Bonang, salah satu anggota Wali Songo yang terkenal karena kesaktian dan karomahnya. 

Tembang Tombo Ati dengan lirik syairnya yang luar biasa dalam maknanya, sudah sejak dulu dari generasi ke generasi di lantunkan masyarakat Jawa, khususnya di kalangan muslim Jawa. Bahkan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) bersama kelompok musik Kyai Kanjeng kerap membawakan tembang ini di berbagai kesempatan. 

Tembang Tombo Ati semakin dikenal luas setelah Opick mempopulerkan kembali tembang ciptaan Sunan Bonang ini diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia pada tahun 2005. 

Aunur Rofiq Lil Firdaus (Opick), berkat tembang Tombo Ati, album “Istighfar” terjual lebih dari 800.000 kopi dan meraih berbagai penghargaan.

Berkat Cak Nun dan Opick serta para seniman lainnya, masyarakat Indonesia menjadi akrab dengan tembang Tombo Ati. 

Karomah Sunan Bonang memang luar biasa, tembang ciptaannya yang dahulu menjadi salah satu sarana syiar Islam Wali Songo di tanah Jawa, sekarang pun di era modern masih tak kehilangan maknanya.

Dilansir iNewsbadung.id dari buku Jejak Para Wali, konon Sunan Bonang sering mendendangkan tembang Tombo Ati untuk berdakwah kepada masyarakat Jawa yang saat itu masih banyak yang belum memeluk Islam.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut