get app
inews
Aa Read Next : Kinerja PNM Berdayakan Ekonomi Perempuan Lampaui Grameen Bank

Usai Dilantik, Ini Tugas Menpora Baru Sesuai Arahan Presiden Jokowi

Selasa, 04 April 2023 | 10:45 WIB
header img
Menpora baru Dito Ariotedjo siap menjalankan arahan Presiden Jokowi. Foto : kemenpora.go.id

JAKARTA, iNewsbadung.id - Usai dilantik, ini tugas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru, Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo, sesuai arahan Presiden Jokowi.

Arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini diberikan Menpora baru sesuai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/202023).

Ada tiga arahan disampaikan Jokowi, pertama adalah meminta Dito menyiapkan tim Indonesia di ajang olahraga SEA Games, serta Asian Games secara efisien.

Dalam hal ini Presiden meminta Dito  memprioritaskan cabang olahraga atau  cabor-cabor yang memiliki potensi medali. 

"Jadi harus efisien, namun kita mendapatkan hasil medali  terbaik," jelas Dito kepada awak media usai pelantikan.

Arahan kedua adalah Presiden mengingingkan agar liga-liga olahraga masif digalakkan di level pendidikan  sekolah, serta kuliah, disamping menggalakkan liga antar kampung untuk rakyat.

Sementara arahan ketiga yakni terkait kepedulian Presiden pada ekosistem sport industri Indonesia semakin maju dan semakin established.

Di sektor kepemudaan, Presiden berharap agar pengembangan pemuda diarahkan pada kewirausahaan dan profesionalitas sehingga indeks pembangunan pemuda mencapai kenaikan. 

Dito menambahkan, pihaknya segera menyiapkan pelaksanaan ajang-ajang olahraga internasional, diantaranya Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 yang digelar di Jakarta, serta World Beach Games di Bali.

"Ke depan ada tujuh event internasional, salah satunya Indonesia menjadi tuan rumah di bola basket dan World Beach Games, dan pastinya apa yang sudah dimulai otomatis akan diteruskan dan dimaksimalkan pelaksanaannya," tutur Dito.

Dito memastikan jika dirinya akan berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan, sehubungan dengan World Beach Games di Bali, sehingga pelaksanaannya dapat  berjalan lancar. 

Dito juga sepakat dengan Presiden Jokowi, jika olahraga tidak boleh dicampuradukkan dengan politik. 

"Ya, melihat pengalaman kemarin U-20 (penolakan) Israel, pasti mulai hari ini saya akan mencoba bicara ke seluruh stakeholder, semoga dapat memastikan kelancarannya sehingga bisa menemukan titik temu," ucap Dito. 

Karena itu sesuai arahan Presiden yang   harus memisahkan politik dan olahraga, Dito akan berusaha melakukan yang terbaik, walaupun kompleksitasnya tinggi. 

Semoga tulisan usai dilantik, ini tugas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. 

Nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id dan silahkan share tulisan ini agar semakin banyak pembaca mengetahui informasi yang benar dan baik. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut