get app
inews
Aa Read Next : Candi Jago, Nafas Hindu dan Budha dalam Satu Candi Raja Kertanegara Singasari

Pura Taman Ayun, Jejak Sejarah Hindu di Badung Bali dengan Panorama Sangat Indah

Sabtu, 25 Maret 2023 | 17:31 WIB
header img
Pura Taman Ayun, jejak sejarah Hindu di Badung Bali dengan panorama sangat indah memesona. Foto : desamengwi.badungkab.go.id

BADUNG, iNewsbadung.id - Pura Taman Ayun, jejak sejarah Hindu di Badung Bali dengan panorama sangat indah ini adalah salah satu pura yang banyak mengundang kekaguman wisatawan. 

Keindahan panorama Pura Taman Ayun ini sesuai dengan arti namanya, yakni taman indah, yang selalu memesona luar biasa. 

Sebagai jejak sejarah Hindu, Pura Taman Ayun sudah ditetapkan sebagai bagian situs warisan budaya dunia oleh UNESCO tahun 2012, dimana di tahun 2002, Pemerintah Daerah Provinsi Bali telah mengusulkan kepada UNESCO agar dimasukkan dalam World Heritage List. 

Terkait Pura Taman Ayun, jejak sejarah Hindu di Badung Bali dengan panorama sangat indah, inilah catatan iNewsbadung.id dirangkum dari laman Desa Mengwi Kabupaten Badung. 

1. Memuja Leluhur 
Pura Taman Ayun juga menjadi Pura Paibon (pura ibu) atau Pedarman Raja Mengwi untuk memuja roh leluhur dari raja-raja, yang diwujudkan dalam bangunan Gedong Paibon dan Meru-meru, sebuah  pemujaan persembahyangan untuk para Dewa agar masyarakat Kerajaan Mengwi mendapatkan kesejahteraan. 

2. Piodalan 
Pura ini dibangun Raja Mengwi, I Gusti Agung Putu tahun 1556 Saka (1634 M), diresmikan Selasa Kliwon Medangsia di bulan keempat tahun 1556 Saka, sehingga setiap Selasa Kliwon wuku Medangsia, dalam penanggalan Saka, di pura ini diselenggarakan piodalan atau upacara merayakan ulang tahun berdirinya Pura Taman Ayun.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut