get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan Air Mineral Resmi, Perkuat Brand Awarness dan Citra Wisata Bali

Pura Tambangan Badung, Jejak Hindu dengan Rentang Sejarah Panjang dan Salah Satu Tertua di Bali

Selasa, 28 Maret 2023 | 09:55 WIB
header img
Inilah Pura Tambangan Badung yang merupakan jejak Hindu dengan tentang sejarah panjang. Foto : denpasartourism.com

BADUNG, iNewsbadung.id Pura Tambangan Badung, jejak Hindu dengan rentang sejarah panjang dan salah satu tertua di Bali ini telah berdiri sebelum Anglurah Pemecutan pertama berkuasa.

Dalam perjalanannya, Pura Tambangan Badung diperluas serta dipugar Bhatara Sakti Raja Badung, serta diempon Puri Agung Pemecutan, serta beberapa kali direhab, yakni tahun 1928 dan 1990. 

Terkait Pura Tambangan Badung, jejak Hindu dengan rentang sejarah panjang dan salah satu tertua di Bali, inilah catatan iNewsbadung.id dirangkum dari laman Denpasar Tourism

1. Pura Taman 

Sebelum bernama Pura Tambangan Badung, dalam Tutur Babad Karana disebutkan jika awalnya bernama Pura Taman, hingga berubah menjadi Pura Ayu Penestaran Panembahan Badung, bahkan disebutkan memiliki kaitan erat dengan Puri dan Pura Panembahan Badung, serta Bebanjaran di lingkungan Pemecutan.

2. Tiga Mandala 

Pura yang berada di Banjar Pemedilan Kerandan, Desa Pemecutan Denpasar ini memiliki tiga mandala, dimana pelinggih lebih banyak berada di utama mandala. Mandala pertama terletak persis di depan pasar, di mandala ini memiliki dua buah meriam menghiasi Candi Bentar, atau biasa disebut gora dan gori.

3. Mandala Kedua 

Di mandala kedua, ada bangunan terbuka berfungsi sebagai wantilan pura, dan terlepas dari madya mandala, ada dua buah arca di kanan kiri yang disebut arca jaksa dan jaksi, sementara utama mandala adalah areal paling luas, dipenuhi pelinggih-pelinggih, termasuk pelinggih pokok pura. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut