get app
inews
Aa Read Next : Out of the Box, Adhiwangsa Hotel Solo Bagi-bagi Takjil

Ribuan Masyarakat Buka Puasa Bersama di Masjid Raya Syeik Zayed Solo

Kamis, 23 Maret 2023 | 21:57 WIB
header img
Masyarakat tampak antusias mengikuti buka puasa bersama di Masjid Raya Syeik Zayed Solo, Kamis (23/3/2023). Foto : iNewsbadung.id / NT Ardhian

SOLO, iNewsbadung.id - Ribuan masyarakat buka puasa bersama di Masjid Raya Syeik Zayed Solo, dimana antisias masyarakat terlihat sejak menjelang sore atau tepatnya sebelum memasuki waktu adzan ashar berkumandang.

Masyarakat ini berbondong-bondong dari berbagai penjuru Kota Solo, bahkan beberapa rombongan dari luar kota pun datang mengendarai armada bus, lantaran sengaja ingin merasakan atmosfir bulan ramadhan di Masjid Raya Syeik Zayed. 

Menurut keterangan dari Egy Rap, salah satu staff humas Masjid Raya Syeik Zayed, panitia menyediakan 5000 porsi makanan buka puasa untuk umat muslim yang menjalankan ibadah dan ingin berbuka di masjid.

Egi juga menambahkan jika keseluruhan acara buka puasa selama bulan ramadhan di masjid ini, secara keseluruhan telah didukung Lembaga Nirlaba Bulan Sabit Merah Uni Emirat Arab

Masih menurut Egi, acara buka puasa perdana ini sifatnya masih trial dan dikhususkan bagi masyarakat umum, namun rencana ke depan, setiap hari  panitia akan mengundang tokoh Nasional untuk merasakan suasana ramadhan di Kota Solo, dan berbuka bersama di Masjid Raya Syeik Zayed Solo.

Meski di kawasan masjid sempat diguyur hujan cukup lebat, namun kenyamanan dan kebersamaan umat muslim saat menikmati buka puasa tidak terganggu karena panitia telah menyediakan dua buah tenda makan cukup besar, sehingga mampu menampung seluruh jamaah yang  hadir di sebelah tenggara dan utara masjid. 

Dua tenda ditempatkan terpisah untuk jamaah putra dan putri, dimana tenda jamaah putra terletak di sebelah utara atau tepat berada di depan pintu utama, sementara jamaah putri berada di sebelah tenggara masjid. 

Menu yang disajikan untuk jamaah putra berupa ayam goreng tempe goreng, kurma serta air mineral, sedangkan menu jamaah putri ditambahkan sayur kacang panjang dan buah jeruk santang sebagai pencuci mulut. 

Menurut David seorang mahasiswa keperawatan UMS yang sengaja datang bersama teman-temannya, dirinya merasa cukup puas dengan sajian menu yang dihidangkan panitia. 

Dia mengatakan mulai besok akan menjadwalkan selalu hadir mengikuti acara tersebut, karena ingin menjalankan sholat tarawih di Masjid Raya Syeik Zayed Solo.

Hal senada juga disampaikan Tutik jamaah dari wilayah Laweyan Solo, yang sengaja mengajak seluruh anggota keluarga mengikuti acara buka bersama, sekaligus mengikuti jamaah sholat tarawih di masjid ini.

"Menu yang disajikan enak, penyajian serta pelayanan sangat memuaskan, bahkan panitia terlihat sangat siap meskipun peserta ribuan, semua sudah tertata rapi dan teratur, karena banyak petugas dilibatkan untuk mengatur jamaah sehingga kita nyaman saat menikmati makanan," ungkapnya. 

Dari pengamatan iNewsbadung.id, jamaah-jamaah manula yang membutuhkan bantuan pun terlihat dilayani dengan baik, serta terlihat  tidak kesulitan mendapatkan makanan dan tempat duduk, meskipun semua  jamaah makan dengan lesehan. 

Semoga tulisan ribuan masyarakat buka puasa bersama di Masjid Raya Syeik Zayed Solo ini bermanfaat bagi para pembaca. 

Nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id, serta silahkan share tulisan ini agar semakin banyak orang mengetahui informasi yang benar. ***

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut