get app
inews
Aa Read Next : Adhiwangsa Jadi Satu-satunya Hotel di Kota Solo yang Siapkan Menu Ikan Segar, Ini Ulasannya

Sah, Ikatan Paritrana Indonesia (IPI) Gantikan Nama Paranormal dan Siap Melayani Masyarakat

Senin, 20 Maret 2023 | 20:14 WIB
header img
Sah, Ikatan Paritrana Indonesia (IPI) Gantikan Nama Paranormal dan Siap Melayani Masyarakat. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - Sah, Ikatan Paritrana Indonesia gantikan nama paranormal dan siap melayani masyarakat.

Berasal dari bahasa Sansekerta, Paritrana berarti pertolongan dan perlindungan, sehingga kelahirannya mengemban amanah pendiri Ikatan Paranormal Indonesia, N. Marzuki, agar mendirikan kembali organisasi tersebut. 

Penggantian nama Ikatan Paranormal Indonesia menjadi Ikatan Paritrana Indonesia (IPI) ini adalah pemikiran panjang dari para pengurus, karena beberapa kendala dijumpai saat menggunakan nama lama, serta mengubah stigma masyarakat yang menganggap paranormal sebagai kata yang menakutkan. 

Perubahan Signifikan pun akhirnya dilakukan, sampai akhirnya 10 November 2022 telah disetujui berubah nama menjadi Ikatan Paritrana Indonesia, yang telah terdaftar resmi di Kemenkumham, memiliki NIB, NPWP dengan anggota yang sudah memiliki izin dari Dinas Kesehatan, bagi anggota yang bergerak di bidang kesehatan tradisional, serta ramuan tradisional. 

Organisasi legal beranggotakan penasehat spiritual, paranormal, budayawan, seniman, artis, tabib serta pengobatan tradisional ini pun akhirnya dikukuhkan dalam deklarasi dan pelantikan pengurus DPP, DPW dan DPC, yang digelar Selasa (20/3/2023) di Gedung Wayang Orang Sriwedari Solo. 

Deklarasi dan pelantikan pengurus ditandai dengan beragam pertunjukkan, diawali pertunjukkan seni Reog Sabdo Langit Singo Mudo pimpinan Ki Ronggo, kirab seluruh pengurus DPP diiringi musik seruling, serta tari Gambyong. 


Reog Sabdo Langit Singo Mudo menjadi pembuka deklarasi dan pelantikan Ikatan Paritrana Indonesia (IPI). Foto : iNewsbadung.id /Asarela Astrid

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut