get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dibuka, Mangkunegaran Makan Makan Sediakan Puluhan Stand

Keren, 20.000 Takir Jenang akan Dibagikan Gratis di Festival Jenang Solo 2023, Meriahkan HUT Solo

Rabu, 15 Februari 2023 | 21:58 WIB
header img
Jangan lupa, 20.000 takir jenang akan dibagikan gratis di Festival Jenang Solo 2023, meriahkan HUT Kota Solo, Jumat (17/2/2023) (Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid)

SOLO, iNewsbadung.id - 20.000 takir jenang dibagikan gratis di Festival Jenang Solo 2023, meriahkan HUT Kota Solo ke-278. 
 
Tidak hanya itu, festival yang akan digelar Jumat (17/2/2023) pukul 08.00 wib di Koridor Ngarsopuro ini sekaligus menyambut Mangayubagyo Jumenengan KGPAA Mangkunegoro X yang ke-1. 
 
Inilah catatan iNewsbadung.id saat Jumpa Pers di Omah Sinten, Rabu (15/2/2023) terkait 20.000 takir jenang akan dibagikan gratis di Festival Jenang Solo 2023, meriahkan HUT Kota Solo. 
 
1. Komitmen 

Kegiatan yang diinisiasi Yayasan Jenang Indonesia (YJI) ini diakui Slamet Raharjo, Ketua Panitia Festival Jenang Solo 2023 sebagai komitmen melestarikan serta mempopulerkan makanan tradisional, terutama jenang dari wilayah Indonesia. 
 
2. Mewarnai Nusantara 

Festival ini diharapkan tidak hanya mewarnai hari jadi Kota Solo, namun juga mewarnai Nusantara, sehingga tema yang diambil adalah Pusaka Rasa Nusantara yang juga menyajikan jenang dari daerah lain di Indonesia, termasuk  ke depannya akan menjalin kerjasama dengan pihak terkait. 
 
3. Diikuti Daerah Lain

Festival ini tidak hanya membagikan jenang atau bubur dari Kota Solo terutama Pura Mangkunegoro, namun juga akan menyebarkan jenang dari daerah lain seperti Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung, Jabodetabek, Kalimantan Barat serta Papua. 
 
4. Kolaborasi Hotel 

Keikutsertaan hotel-hotel di Kota Solo juga akan terlihat di kegiatan ini, dimana hotel akan membuat jenang kreasi baru yang merupakan perpaduan tradisional dan modern. 
 
5. Keluarkan 23 Jenis Jenang 

Ada 23 jenis jenang di Kota Solo yang sudah diteliti  Yayasan Jenang Indonesia, dimana 17 diantaranya ikut mengiringi perpindahan Keraton dari Kartasura ke Solo, seperti jenang ngangrah dan jenang suran. 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut