get app
inews
Aa Read Next : Hari Kedua KTT ASEAN 2023 ke-42, Presiden Jokowi Pimpin Dua Pertemuan

Mengenal Nikaragua, Negara Terunik dipimpin Pasangan Suami Istri sebagai Presiden dan Wakil Presiden

Sabtu, 31 Desember 2022 | 19:46 WIB
header img
Mengenal Nikaragua, Negara Terunik dipimpin Pasangan Suami Istri sebagai Presiden dan Wakil Presiden (Foto: Sindonews)

MANAGUA, iNewsbadung.id - Nikaragua adalah sebuah negara berbentuk republik di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Honduras di sebelah utara, Kosta Rika di selatan, Samudera Pasifik di barat, dan Laut Karibia di timur. 

Negara ini bisa dikatakan paling unik didunia. Pasalnya, negara itu di pimpin oleh pasangan suami istri sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Nama Nikaragua diambil dari kata Nicarao, sebuah nama suku di pesisir Lago Nicaragua dan kata agua yang berarti air dalam bahasa Spanyol. Orang-orang Nicarao tersebut datang dari utara setelah jatuhnya Teotihuacán atas anjuran dari pemuka agama mereka. 

Nikaragua pernah menjadi terkenal ketika gempa bumi maha dahsyat memporakporandakan negara itu pada 23 Desember 1972. Melukai 20.000 jiwa, dan membinasakan 5.000 jiwa.

Daniel Ortega menjadi presiden, sedangkan istrinya; Rosario Murillo, menjadi wakil presiden. Pasangan itu sudah berusia 70-an tahun, dan tidak menunjukkan keinginan untuk melepaskan cengkeraman kekuasaan mereka. 

Pada tahun 2021 lalu, pasangan itu meraih kemenangan dalam pemilu yang dianggap "palsu" oleh Uni Eropa. Barat tidak menyukai pasangan itu karena mereka dianggap melakukan kampanye penganiayaan politik selama berbulan-bulan.

Lebih dari 30 tokoh oposisi, termasuk mantan rekan gerilya dan tujuh calon presiden potensial, telah ditahan dengan tuduhan "merusak kedaulatan". Ortega, yang dikenal sebagai mantan pemimpin gerilya dengan sebutan "el comandante [komandan]" karena pemerintahan tangan besinya, pertama kali memegang kekuasaan selama 11 tahun setelah revolusi 1979. 

Tetapi sejak terpilih kembali pada tahun 2006, dia secara bertahap mengokohkan posisinya dan menghilangkan saingan serius, yang mengarah pada tuduhan menekan perbedaan pendapat. 

Sedangkan Murillo, yang digambarkan boros, gemar pada puisi dan seni, tidak kalah pentingnya dengan sang suami. Dia menjadi tangan kanan suaminya, meskipun beberapa pihak percaya wanita ini memegang kekuasaan sejati di negara tersebut. Dikenal sebagai "Companera Rosario [Kamerad Rosario]", dia telah naik pangkat di partai sejak suaminya terpilih kembali sebagai pemimpin. 

Keduanya telah berbagi kendali kekuasaan. "Di sini kami memiliki dua presiden karena kami menghormati prinsip 50:50—dengan kata lain, di sini kami memiliki wakil presiden pada Kamerad Rosario," kata Ortega dalam pidato yang disiarkan televisi setelah kemenangan pemilunya.

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut