get app
inews
Aa Read Next : Candi Badut, Jejak Kebesaran Hindu dan Pengakuan bagi Penyiar Agama Hindu di Jawa Timur

Mengenal Kampung Sengkuni di Nganjuk, Dihuni 13 Rumah, Pendatang Baru Harus Hati-Hati saat Singgah!

Kamis, 12 Januari 2023 | 22:57 WIB
header img
Sengkuni, salah satu nama di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (Foto: Youtube)

NGANJUK, iNewsbadung.id - Bila di Gunung Kidul ada Kampung Pitu yang terletak di sekitar puncak Gunung Api Purba Nglanggeran. Maka di Nganjuk, Jawa Timur ada kampung yang namannya unik yaitu Sengkuni.

Sama seperti Kampung Pitu di Gunung Kidul yang dihuni tak lebih dari 7 rumah saja, maka di Kampung Sengkuni hanya ada 15 rumah saja.

Dalam bahasa Jawa, Sengkuni berarti dijahili. Maka kampung yang ada di Kecamatan Sawahan, Kampung Tungulung, Nganjuk, Jawa Timur ini penghuninya akan menjahli siapa saja yang baru masuk ke kampung tersebut.

Penasaran seperti apa keunikan dari Kampung Sengkuni di Nganjuk ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (12/1/2023).

Kampung unik di Nganjuk 

Dikutip dari saluran YouTube Bernama Kawulo Ndeso Madiun, seorang warga desa di kampung tersebut menuturkan, siapa saja yang baru memasuki perkampungan pasti akan dijahili oleh warga setempat. Entah itu motor atau apa pun itu akan disembunyikan.

"Warga di sini menyebutnya Kampung Sengkuni, karena sebagian besar orang yang masuk ke kampung ini katanya dijahili. Memang tidak selalu di Jahili tetapi banyak yang mengatakan mengalami hal tersebut," ujar penduduk desa. 

Oleh karena hal tersebut, nama ‘sengkuni’ menjadi nama lain yang akrab atau melekat dengan kampung satu ini. Agar tidak dijahili Ketika masuk ke perkampungan satu ini, pengunjung atau seseorang harus memiliki niat baik atau hati yang tulus dengan tidak membuat kerugian atau menyebabkan masalah kepada orang lain.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut