get app
inews
Aa Read Next : Pura Kereban Langit, Jejak Sejarah hingga Kepercayaan Masyarakat akan Hadirnya Keturunan

Menelusuri Pura Kuno di Pulau Berjuluk Seribu Pura Ini

Senin, 03 Oktober 2022 | 14:20 WIB
header img
Pura lempuyangan (Foto:iNews.id)

BADUNG, iNews.id- Berlibur ke Bali tidak akan lengkap tanpa mengunjungi salah satu objek wisata pura Hindu di Bali. Memiliki banyak Pura dengan keunikan dan sejarah yang berbeda. 

Beberapa pura yang ada di Bali bahkan telah menjadi ikon pariwisata Bali yang menampilkan keindahan serta uniknya arsitektur bangunan dari masa kerajaan Bali.

Lokasinya juga beragam, ada lokasi pura di dataran tinggi, seperti pura Besakih dan pura Ulun Danu Beratan. Ada juga pura yang lokasinya di pesisir pantai dan pura yang di bangun pada ujung batu karang seperti Uluwatu dan Pura Tanah Lot. 

Sebagian besar pura yang ada di Bali menjadi spot favorit wisatawan untuk foto, karena terdapat keindahan alam sebagai latar belakang. Inilah beberapa rekomendasi pura kuno yang sangat indah untuk dikunjungi :

1. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Di Tabanan


Pura Ulun Danu (Foto: Wikpedia)

Pura kuno di Bedugul ini  diperkirakan berasal dari zaman Megalitikum sekitar 500 SM, terbukti dengan peninggalan Bali kuno berupa sarkofagus dan papan batu yang memang berasal dari zaman Megalitikum. 

Sarkofagus sendiri adalah tempat penyimpanan jenazah dan bekal kubur. Jadi pura Ulun Danu Beratan ini memang sangat tua dan dengan latar belakang sejarah panjang dan pura baru dibangun saat kerajaan Mengwi Badung.

2. Pura Tirta Empul


Tirta empul (Foto: Wikipedia)

Sejarah pura kuno di Bali ini dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Bali Kuno yakni Raja Sri Candrabhayasingha Warmadewa dari dinasti Warmadewa pada tahun 962. Nama pura ini sendiri berasal dari sumber mata air alam yang ada di kawasan pura yang disebut dengan Tirta Empul, kemudian mata air tersebut ditampung pada sebuah kolam dan banyaknya tempat pemandian yang dijadikan sebagai tempat suci untuk melukat (meruwat).

3. Pura Tanah Lot


Tempat Wisata di Bali yang Unik, Salah Satunya Desa Tua (Foto:rentalmobilbali.net)

Berdiri  di atas bongkahan batu karang besar di desa Beraban, Tabanan ini. Memiliki sejarah unik dan menarik, yang berhubungan dengan sejarah perjalanan pendeta suci dari kerajaan Majapahit di Jawa, yakni Dang Hyang Nirartha atau dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra, beliau adalah penyebar dan suci agama Hindu yang banyak ditemukan pura kuno di Bali 

4. Pura Lempuyang


Pura lempuyangan (Foto:iNews.id)

Pura kuno di Bali ini terletak di Kabupaten karangasem wilayah Bali Timur. Saat ini pura kuno ini menjadi destinasi wisata paling hits dan populer di wilayah Bali Timur, banyak wisatawan yang mengagendakan wisata dengan tujuan Pura Lempuyang karena panorama alam yang disuguhkan memang spektakuler dan instagramable. Pura penataran Agung Lempuyang terletak di lereng bukit Bisbis atau Gunung Lempuyang. 

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut