get app
inews
Aa Read Next : Seduhan Kopi Premium Kualitas Ekspor dengan Harga Terjangkau di CW Coffee Malang

5 Tragedi Berdarah dalam Sepakbola di Dunia, Salah Satunya Insiden Kanjuruhan Malang

Minggu, 02 Oktober 2022 | 21:00 WIB
header img
Kronologi kejadian kerusuhan di Stadion Kanjuruhan hingga jatuh korban jiwa pasca laga Arema FC vs Persebaya (Foto: Aviresta Midaada/MPI)

3. Tragedi Accra

Insiden berikutnya terjadi di Stadion Accra, Ghana, pada 2001. Laga dua klub papan atas di negara tersebut, Heart of Oak vs Kotoko, juga diwarnai insiden berdarah. Akibat penggemar Kotoko yang melempari berbagai benda ke lapangan direspons polisi dengan gas air mata. Penonton panik dan  berusaha melarikan diri. Nahas, pintu-pintu keluar stadion tidak mau terbuka. Sebanyak 126 orang tewas akibat insiden tersebut. 

4. Tragedi Hillsborough

Tragedi Hillsborough mengubah wajah sepak bola Inggris. Kerusuhan yang terjadi pada 15 Maret 1989 di Stadion Hillsborough, Sheffield, menampar wajah negara tersebut. 
Sebanyak 96 orang tewas karena massa yang tak terkendali saat hendak menyaksikan laga semifinal Piala FA.

Insiden itu direspons dengan beragam aturan ketat soal pengendalian massa serta dihilangkannya tribune berdiri di stadion-stadion di seantero Inggris. Tragedi ini sungguh memukul Liverpool lantaran 96 orang yang tewas itu merupakan pendukung mereka. 

5. Tragedi Kathmandu, Nepal

Sebanyak 93 orang tewas di Stadion Nasional Kathmandu, Nepal, pada 1988. Insiden mengerikan itu terjadi pada laga sepak bola lokal antara Janakpur Cigarette Factory vs Liberation Army. Kencangnya tiupan angin menjadi awal dari tragedi berdarah ini. 

Hujan es mengakibatkan suporter berusaha berlarian menyelamatkan diri lantaran stadion yang sebagian besar tidak beratap. Kepanikan itu menyebabkan ratusan orang terinjak-injak saat berusaha menyelamatkan diri dan menelan 93 korban jiwa. Itulah tragedi berdarah di dunia sepakbola di dunia, semoga kedepannya tidak terjadi kembali insiden serupa.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut