get app
inews
Aa Read Next : Seduhan Kopi Premium Kualitas Ekspor dengan Harga Terjangkau di CW Coffee Malang

5 Tragedi Berdarah dalam Sepakbola di Dunia, Salah Satunya Insiden Kanjuruhan Malang

Minggu, 02 Oktober 2022 | 21:00 WIB
header img
Kronologi kejadian kerusuhan di Stadion Kanjuruhan hingga jatuh korban jiwa pasca laga Arema FC vs Persebaya (Foto: Aviresta Midaada/MPI)

JAKARTA, iNews.badung.id- Kerusuhan yang terjadi usai laga Arema FC VS Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam WIB dengan skor 3 - 2 untuk kemenanga Persebaya diduga menjadi pemicu kerusuhan.

Kerusuhan yang menelan korban jiwa di Malang ini merupakan tragedi besar dalam sejarah persepakbolaan dunia. Berikut ini 5 tragedi berdarah di dunia sepak bola di beberapa negara dan pemicunya : 

1.Tragedi Stadion Nasional Peru

Insiden berdarah paling mengerikan di sepak bola terjadi pada 1964 di Stadion Nasional Peru, Lima. Laga kualifikasi Olimpiade yang mempertemukan Timnas Peru melawan Timnas Argentina, berakhir mengerikan.

Gol Peru di menit akhir yang dianulir wasit menjadi pemicunya. Puluhan ribu suporter berusaha menginvasi lapangan, yang direspons kepolisian dengan tindakan tegas. Kepanikan yang melanda suporter, menjadi pemicu tewasnya 328 orang. 

2. Tragedi Kanjuruhan

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, langsung menjadi salah satu tragedi paling mematikan di sepak bola. Khusus bagi Indonesia, ini adalah tragedi sepak bola yang paling memilukan. Betapa tidak, sebanyak 127 orang dikonfirmasi tewas. 

Lagi, keputusan petugas keamanan menembakkan gas air mata ke arah penonton menjadi pemicu. Ribuan orang yang panik berusaha menyelamatkan diri. Ratusan orang tewas akibat sesak napas dan terinjak-injak di stadion. 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut