get app
inews
Aa Read Next : Masjid Menara Kudus, Jejak Perkembangan Sejarah Islam dengan Ornamen Luar Biasa

Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah, Apa saja dan Seperti Apa?

Rabu, 21 September 2022 | 14:49 WIB
header img
Pemakaman C.N. Annadurai  dihadiri 10 juta manusia (Foto: Sindonews)

3. Ziarah Arbaeen 2015 

Jumlah orang yang datang pada Ziarah Arbain tahun 2016 ternyata belum seberapa. Setahun sebelumnya yakni pada 2015, ziarah ini sempat dihadiri oleh massa yang lebih besar. Diperkirakan lebih dari 27 juta orang berbondong-bondong menuju tempat suci yang mereka yakini untuk melaksanakan ziarah dengan khusyuk. 

4. Kumbh Mela 2010 

Festival Kumbh Mela merupakan salah satu ritual paling suci bagi umat Hindu India yang dirayakan empat kali dalam 12 tahun. Acara keagamaan sekaligus festival budaya ini disebut juga sebagai Festival Kendi. 

Perayaannya dilakukan dengan cara mandi suci atau mandi bersama di empat titi Sungai Gangga yang berada di wilayah Haridwar, Prayagraj, Ujjain, dan Nasikh.  Pada tahun 2010, acara ini diperkirakan dihadiri oleh 60 sampai 80 juta peziarah. Hal itu membuatnya tercatat menjadi kumpulan atau pertemuan terbesar kedua sepanjang sejarah manusia.

5. Kumbh Mela 2013 

Jumlah massa yang jauh lebih besar pada festival Kumbh Mela terjadi pada 2013. Momen ini tercatat sebagai kumpulan manusia yang terbesar sepanjang sejarah dunia. 

Acara mandi suci yang diyakini dapat meleburkan dosa-dosa ini dihadiri oleh 120 juta manusia.  Antusiasme yang besar itu menunjukkan betapa ritual ini sangat penting bagi umat Hindu di India. 

Sayangnya pada tahun 2021, festival ini pula yang diduga menjadi biang kerok ledakan Covid-19 di India.

Bertemunya puluhan hingga ratusan juta manusia dalam satu waktu di Sungai Gangga itu disebut-sebut sebagai penyumbang angka penularan Covid-19 tertinggi di India.

 

Berita ini sebelumnya telah tayang di iNews.id dengan judul "5 Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, India Juaranya"

.***
 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut