Logo Network
Network

Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah, Apa saja dan Seperti Apa?

Rio Pambudi
.
Rabu, 21 September 2022 | 14:49 WIB
Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah, Apa saja dan Seperti Apa?
Pemakaman C.N. Annadurai  dihadiri 10 juta manusia (Foto: Sindonews)

BADUNG, iNews.id - Jika berpikir bahwa kerumunan manusia terbesar di dunia terjadi di momentum demonstrasi atau festival musik, tampaknya kamu salah

Pasalnya, kumpulan dengan jumlah fantastis yang pernah tercatat sejarah justru terjadi dalam acara keagamaan dan pemakaman. Dua momentum tersebut memang seringkali menyedot perhatian massa yang sangat besar.

India menjadi salah satu negara tempat terjadinya kumpulan besar tersebut. Dalam satu kali momentum, kumpulan yang pernah tercatat bahkan mencapai ratusan juta orang. Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Sabtu (5/21/2022), berikut ini adalah kumpulan terbesar sepanjang sejarah berdasarkan jumlah massa yang hadir.

1. Pemakaman C.N. Annadurai 

Conjeevaram Natarajan Annadurai merupakan seorang pemimpin dari Dravida. Annadurai adalah anggota partai Dravida pertama yang menjabat sebagai Ketua Menteri Tamil Nadu ke-1, atau sebagai Ketua Menteri Madras terakhir.

Ia juga merupakan penulis naskah, aktivis, dan politisi yang sangat dikenal di India pada masanya. Sebagai seorang pejabat, ia memilih hidup sederhana dan berani  menghadapi banyak pertentangan. 

Pada 3 Februari 1969, Annadurai meninggal dunia setelah didiagnosis menderita kanker mulut. Siapa sangka, pemakamannya dihadiri oleh 15 juta orang India dan menjadi salah satu kumpulan massa terbesar yang pernah tercatat sejarah. 

2. Ziarah Arbaeen 2016 

Ziarah Arbain atau Ziarah Arbaeen adalah salah satu peringatan besar yang dilakukan oleh umat muslim Syiah. Ziarah ini dilakukan setiap tahun pada 40 hari setelah Asyura atau hari ketika hari ketika Husain cucu Nabi Muhammad terbunuh dalam peristiwa Karbala pada 10 Oktober 680.

Diadakan di Karbala, Irak, Ziarah Arbain selalu dihadiri oleh jutaan umat muslim Syiah dari seluruh dunia. Pada tahun 2016, tercatat ziarah ini dihadiri oleh 25-25 juta orang. 

Follow Berita iNews Badung di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini