Logo Network
Network

Restoran Ini Ternyata Sudah Sejak Era Kolonial, Menu Khas Juga Dipertahankan

Burhani
.
Kamis, 15 September 2022 | 23:00 WIB
Restoran Ini Ternyata Sudah Sejak Era Kolonial, Menu Khas Juga Dipertahankan
Toko Oen yang ada di Malang ini ternyata sudah berdiri sejak era kolonial Belanda (Foto: iNewskaranganyar/Burhani)

BADUNG, iNews.id - Penasaran dengan sensasi resto ala Belanda termasuk dengan kuliner khasnya, Anda tidak harus perlu jauh-jauh ke Eropa. Di Indonesia masih berdiri resto jaman Belanda yang masih dipertahankan todak hanya bangunan, interior namun juga menunya. 

Sembari berfantasi menikmati kudapan  selayaknya tuan dan noni Belanda di era kolonial. Ini adalah beberapa resto yang berdiri di era Belanda dan masih eksis hingga sekarang.

1. Toko Oen (Malang)

Merupakan salah satu bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda. Lokasinya di dekat Alun-Alun Kota Malang sudah berdiri sejak tahun 1930-an. Konsep bangunannya kental khas Belanda. Dengan menu es krim menjadi favorite para pengunjung.

Beberapa rasa varian es krim diantaranya basic (single scoop) dengan rasa vanila, stroberi, cokelat, moka, durian, dan gula Jawa.  Semuanya dibuat secara home made.Ada sekitar 27 resep pilihan es krim di Toko Oen yang bisa dinikmati. 

2. Sumber Hidangan (Bandung)

Toko kue legendaris ini berdiri sejak 1929. Bahkan, beberapa makanan dan es krim yang ada di sini merupakan kuliner favorit kala itu. Toko ini awalnya dikenal dengan nama Het Snoephuis, berada di Jalan Braga No.20-22, Kota Bandung. Toko legendaris ini menyajikan aneka roti basah dan kue kering jadul khas Belanda seperti Taarties dan cokelat

3. Toko Kue dan Resto Tip Top (Medan)

Bangunan toko ini awalnya bernama Jang Kie, menempati bangunan bekas Kantor Kongsi Dagang Tiongkok. Berdiri sejak tahun 1934 lalu. Menu unggulan Tip Top Restaurant adalah es krim dan aneka jenis kue khas Belanda. Seperti croissant, bitterballen, chocolates rotsjes, roti tawar,specolaas, saucijsebrood, moorkop, horen.

Memanggangnya juga menggunakan tungku kayu bakar tempo dulu. Restauran ini juga menyediakan berbagai menu makanan  dari Indonesia, China dan Eropa. 

4.  Zangrandi Ice Cream (Surabaya)

Zangrandi ini merupakan restoran es krim yang sudah berdiri sejak tahun 1930. Bahkan masib bertahan hingga saat ini. Berada di Jalan Yos Sudarso No. 15 Surabaya. 

Aneka jenis es krim tersaji di sini bercita rasa Italia karena pendirinya, Roberto Zangrandi, sesuai dengan nama pendirinya yang berasal dari Italia. Konon, tempat ini dulu adalah favorit para tuan dan noni Belanda.

Penasaran, jangan lewatkan kuliner khas Belanda ini saat berkunjung ke Bandung, Surabaya Medan juga Malang.

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.