get app
inews
Aa Read Next : Kopi Malabar, Cita Rasa Berbeda dari Priangan hingga Dikenal Sebagai A Cup of Java

Situs Mirip Stonehenge Berusia Ribuan Tahun Ditemukan Arkeolog di Belanda, Ini yang Dijumpai

Kamis, 29 Juni 2023 | 11:17 WIB
header img
Situs mirip Stonehenge berusia ribuan tahun ditemukan arkeolog di Belanda, Ini yang dijumpai. Foto : RAAP

ROTTERDAM, iNewsbadung.id - Situs mirip Stonehenge berusia ribuan tahun ditemukan arkeolog di Belanda, meliputi parit dan gundukan pemakaman. 

Diduga, situs ini bertujuan mirip dengan Stonehenge, yang berada 13 kilometer barat laut Salisbury Wiltshire, Inggris Selatan, di mana dibangun sejajar dengan matahari di titik baliknya. 

Situs berusia sekitar 4.000 sampai 4.500 tahun ini dibangun dengan tanah dan kayu di atas area seluas kurang lebih tiga kali ukuran lapangan sepak bola di Kota Tiel, yang berjarak 70 km, sebelah timur Rotterdam, Belanda. 

Selain menemukan tengkorak manusia, 
kerangka binatang, dan barang-barang berharga seperti ujung tombak perunggu dengan titik-titik di mana matahari bersinar melalui bukaan, arkeolog juga menemukan sesajen.

Pemerintah Kota Tiel dalam pernyataannya yang dikutip Reuters belum lama ini menjelaskan, gundukan di situs tersebut sebagai kalender matahari, yang mirip Stonehenge terkenal di Inggris.

Disebutkan pula, tempat suci ini adalah  tempat sangat penting karena orang-orang mencatat hari-hari khusus, yaitu melakukan ritual dan menguburkan orang mati, dalam setahun, di mana di sepanjang jalur ada 
deretan tiang berdiri untuk prosesi atau  ritual. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut