get app
inews
Aa Read Next : UNISRI Terima Kunjungan Nottingham University Malaysia (UNM) Gelar Kerjasama Peningkatan Kualitas

Deretan Negara yang Dijajah Bangsa Eropa Lebih Lama daripada Indonesia, Hampir 5 Abad

Minggu, 04 September 2022 | 21:11 WIB
header img
Negara terlama dijajah bangsa eropa melebihi masa penjajahan Indonesia (Foto: iNews.id)

BADUNG, iNews.id - Indonesia salah satu negara yang pernah merasakan pedihnya penjajahan oleh bangsa Eropa. Portugis merupakan negara eropa pertama yang menduduki Indonesia pada 1512. Sedangkan Belanda menjadi negara yang paling lama menjajah di Indonesia, yakni selama 350 tahun.

Selain negara tadi, negara eropa lainnya yang pernah menjajah Indonesia adalah Spanyol, Prancis, dan Inggris. Secara keseluruhan, Indonesia dijajah selama 433 tahun sebelum akhirnya menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Namun, ternyata Indonesia bukanlah negara terlama yang dijajah. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah negara yang dijajah lebih lama daripada Indonesia.

Negara yang Dijajah Lebih Lama daripada Indonesia 

1. Sri Lanka Sri Lanka merupakan sebuah negara pulau di pesisir tenggara India. Mengutip laman Kementerian Luar Negeri, negara ini memiliki nama resmi Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka.

Hingga tahun 1972, negara ini dikenal dengan nama Ceylon, sebutan yang diberikan pada masa kolonialisme Inggris. Sebelum merdeka pada tanggal 4 Februari 1948, Sri Lanka pernah dijajah selama 443 tahun.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut