Logo Network
Network

5 Pantai Indah di Kawasan Yogyakarta yang Miliki Cerita Mistis

Burhani
.
Rabu, 31 Agustus 2022 | 20:59 WIB
5 Pantai Indah di Kawasan Yogyakarta yang Miliki Cerita Mistis
Pantai Indah di Kawasan Yogyakarta yang Miliki Cerita Mistis (Foto: iNews.id)

BADUNG, iNews.id- Pantai di wilayah Yogyakarta selaku dikaitkan dengan mitos keberadaan Nyai Roro Kidul sang penguasa pantai selatan.  Mitos dan cerita mistis tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke pantai-pantai di Yogya.

Beberapa ritual dan tradisi juga dilakukan di pantai Yogyakarta seperti larungan sering dilakuka di pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

Berikut ini lima pantai di Yogyakarta yang punya cerita mistis

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta sangat populer. Pantainya diselimuti pasir vulkanis hitam.  Dipadukan dengan birunya langit, deburan ombak laut membuat suasana menjadi menyenangkan. Karena mitos itulah, wisatawan dilarang memakai pakaian berwarna hijau saat ke Pantai Parangtritis.

2. Pantai Parangkusumo

Teletak di sebelah barat Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Bantul sangat disakralkan oleh penduduk sekitar. 

Pantai Parangkusumo dianggap sebagai gerbang utama atau jalan tol menuju Kerajaan Gaib Laut Selatan milik Nyi Roro Kidul.

3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti di Tepus, Kabupaten Gunung Kidul dijuluki sebagai Pantai Kutanya Yogyakarta, karena hampir mirip dengan pantai di Kuta Bali.

Pantai ini juga punya cerita mistis, lho. Pernah terjadi kesurupan massal terhadap rombongan siswa, setalah mengambil pasir dan karang di pantai ini.

Follow Berita iNews Badung di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.