get app
inews
Aa Read Next : Cerita Saat Pasukan Mataram Taklukan Kerajaan Pajang dengan Bantuan Jin dan Nyi Roro Kidul

Dikawal Pasukan, Inilah Kendaraan Kebesaran Nyi Roro Kidul Penguasa Laut Selatan

Sabtu, 31 Desember 2022 | 19:03 WIB
header img
Kendaraan yang biasa dinaiki penguasa Laut Selatan Nyi Roro Kidul (Foto: ilustrasi)

YOGYAKARTA, iNewsbadung.id - Cerita legenda tentang ratu pengasa laut selatan Nyi Roro Kudul ini sudah begitu akrab bagi masyarakat Jawa.

Sosok Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai sosok perempuan cantik nan anggun yang begitu mempesona. Masyarakat Jawa begitu mempercayai Nyi Roro Kidul sebagai dewi penghuni pantai laut selatan. 

Ia adalah seorang putri yang Kerajan Sunda yang diusir karena ulah ibu tirinya. Untuk menghormati keberadaan Nyi Roro Kidul, masyarakat Jawa khususnya yang tinggal di sekitar pantai laut selatan mengadakan sejumlah ritual. Mereka akan membawa sesajen berupa makanan kesukaan Nyi Roro Kidul.

Nyi Roro Kidul juga memiliki kendaraan untuk mengarungi luasnya samudera. Seperti dilansir iNewsbadung.id dari Okezonem inilah kendaraan yang kerap dipergunakan penguasa laut selatan ini.

Diketahui, Nyi Roro Kidul berasal dari Kerajaan Sunda yang sudah sangat tua. Bahkan Kerajaan Nyi Roro Kidul lebih tua dari Kerajaan Mataram yang berdiri pada abad ke-16 Berdasarkan Informasi, Nyi Roro Kidul merupakan putri Kerajaan Pakuan Pajajaran yang ada di Jawa Barat.

Kerajaan mengasingkan Nyi Roro Kidul ke pesisir pantai laut selatan. Ia diusir dari kerajaan karena ulah ibu tirinya. Sejak saat itu, Nyi Roro Kidul tidak pernah kembali lagi dan menetap di laut selatan.

Nyi Roro Kidul menjadi penjaga laut pantai selatan hingga saat ini. Ia kerap melakukan perjalanan ke Paga Lumajang, Danamulya Banyuwangi, Blitar, Ngliyep Malang, dan Pacitan. Masyarakat daerah akan menyediakan tempat peristirahatan untuk rombongan Nyi Roro Kidul.

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut