get app
inews
Aa Read Next : Candi Jago, Nafas Hindu dan Budha dalam Satu Candi Raja Kertanegara Singasari

6 Peninggalan Candi Hindu di Jawa Tengah Terbesar di Indonesia

Senin, 08 Agustus 2022 | 15:56 WIB
header img
Candi Prambanan salah satu candi peninggalan Hindia terbesar (Foto: Pixebay)

BADUNG, iNews.id - Jauh sebelumnya nusantara pernah dikuasai oleh kerajaan beragama Hindu atau Buddha. Terbukti banyak ditemukan candi di berbagai wilayah di Indonesia. 

Candi-candi tersebut yang digunakan untuk ibadah, upacara ritual dan juga pemujaan terhadap dewa. Candi-candi ini tersebar di seluruh Indonesia.

Dikumpulkan dari berbagai sumber inilah candi-candi Hindu yang ditemukan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

1.Candi Prambanan – Yogyakarta

Candi Hindu terbesar ini berdasarkan penelitian arkeolog dibangun pada abad ke-9, pada masa Kerajaan Mataram. Candi ini dibangun untuk menghormati Dewa Siwa. 

Ditemukan juga tulisan dalam prasasti Siwagraha yang dalam bahasa sansekerta yang artinya  Rumah Siwa. Uniknya di dalam candi ini terdapat patung Dewa Siwa setinggi 3 meter yang konon berdasarkan cerita adalah patung Roro Jonggrang.

Perlu diketahui keberadaan Candi Prambanan selalu dikaitkan dengan legenda Roro Jongrang yang ingin dipersunting oleh Bandung Bondowoso. Namun digagalkan dan membuat Bandung Bandawasa marah dan mengutuknya jadi patung. 

2. Candi Cetho, Karanganyar 

Candi yang berada di lereng gunung Lawu,ini dibangun pada abad ke-15 pada masa Kerajaan Majapahit akhir. Sekian lama terkubur di dalam tanah, akhirnya candi ini ditemukan oleh pemerintah Hindia-Belanda. Ditahun 1928 mulai dilakukan penggalian.

3. Candi Sukuh, Karanganyar

Candi yang memiliki arsitektur unik seperti Suku Maya di Meksiko, Suku Inca di Peru dan bentuknya mirip piramida di Mesir. Meski begitu arkeolog meyakini bahwa candi ini adalah candi peninggalan agama hindu. 

Pasalnya di lokasi candi ditemukan tempat pemujaan Lingga dan Yoni. Menurut para ahli Lingga dan Yoni adalah simbol seksualitas manusia.

5. Candi Dieng, Wonosobo

Menurut penilitian candi ini dibangun pada masa kerjaan Mataram Hindu. Di dalam candi terdapat beberapa arca Dewa Siwa, Dewa Wisnu, Agatsya dan juga Ganesha. 

Ada beberapa candi lain di komplek tersebut dan dinamakan seperti tokoh pewayangan. Seperti Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Semar, Candi Srikanci, Candi Dwarawati, Candi Puntadewa dan Candi Sembrada.

6. Candi Gedong Songo – Jawa Tengah

Candi yang diperkirakan dibangun pada periode Wangsa Seilendra atau sekitar abad ke 9 Masehi. Candi ini dibangun pada masa Mataram Hindu.

Candi ini ditemukan pada tahun 1840 oleh Stamford raffles ketika melakukan penelitian di gunung Ungaran.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut