Mata Najwa Ramaikan Kota Surakarta Lewat Panggung Warisan Budaya

Asarela Astrid
Angkat tradisi dan budaya, Mata Najwa gelar Panggung Warisan Budaya di Kota Surakarta. Foto : Istimewa

SURAKARTA, iNewsbadung.id - Mata Najwa hadir kembali di Kota Surakarta lewat “Panggung Warisan Budaya”, berkolaborasi dengan Indonesian Heritage Agency dan ISI Surakarta

Perhelatan yang akan dilakukan Rabu (10/7/2024) ini mengangkat tradisi dan warisan budaya yang sering dianggap tidak populer di mata anak muda. 

Dialog yang akan digelar di Pendopo Ageng KGPH Joyokusumo ISI Surakarta ini menjawab kekhawatiran bahwa budaya akan sulit dilestarikan. 

Temuan Kemendikbudristek tahun 2022 menyatakan bahwa hanya 8,10 persen penduduk berusia 10 tahun ke atas yang mengunjungi peninggalan sejarah atau warisan budaya benda (Tangible Cultural Heritage).

Dalam bidang warisan budaya tak benda (Intangible Cultural Heritage), keresahan juga kerap muncul, karena minimnya keterlibatan masyarakat pada seni budaya.

Profesi pelaku seni juga terlihat 
tampak kurang diminati, termasuk dalam sektor pendidikan formal, di mana sesuai data Kemendikbudristek tahun 2022 menunjukan bahwa hanya 0,5 persen penduduk Indonesia terlibat dalam seni budaya dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network