Tingkatkan Silaturahmi dan Evaluasi, ITMA DPD Jawa Tengah Gelar Mukerda

Asarela Astrid
ITMA DPD Jawa Tengah usai mengikuti Mukerda melakukan foto bersama. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Indonesian Tour Leader Moslem Association (ITMA) DPD Jawa Tengah gelar Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda).

Mukerda yang digelar belum lama ini di salah satu hotel di Kota Surakarta ini disebutkan Ketua DPD ITMA Jateng, Rochmad Sugiarto sebagai sarana silaturahmi antar anggota dan evaluasi. 

Sesuai AD ART, Mukerda dilaksanakan untuk membicarakan berbagai kegiatan tour leader dalam dunia pariwisata. 

Yant Subiyanto, Pembina DPD ITMA Jateng memjelaskan, program ITMA tahun 2024 dirancang untuk menguatkan profesionalisme anggota, serta melakukan up grading ilmu, pengalaman, wawasan tentang tour leader.

Ditambahkan Yant Subiyanto, salah satu bahasan Mukerda adalah penguatan kapasitas dan kompetensi, di mana nantinya semua tour leader, wajib bersertifikat BNSP, yang merupakan kepanjangan tangan pemerintah dalam sertifikasi kompetensi. 

Sertifikasi kompetensi yang dimaksud terkhusus untuk umroh dan haji, sehingga para tour leader wajib menguasai keilmuan fiqih, yang merupakan dasar dalam memimpin perjalanan umroh dan haji.

Secara keanggotaan ITMA DPD Jateng   membuka kesempatan menerima anggota baru, serta perpanjangan tahunan anggota lama, di mana hal ini sesuai AD ART, sehingga ITMA mengalami perkembangan pesat. 

Hal ini karena secara nasional,  keberadaan ITMA sudah mencapai seluruh propinsi, sehingga ada peningkatan kompetensi saat berada dalam organisasi ini.

Terkait Mukerda yang diikuti perwakilan pengurus DPP, antara lain  Ketua Organisasi (OKK), Direktur Training Centre ITMA dan pengurus lain, kegiatan dilakukan seefektif dan seefisien waktu.

"Mukerda  ini digelar sehari, karena diikuti dari berbagai latar belakang, sehingga anggota lebih banyak memiliki waktu untuk melakukan  kegiatan wisata," ujar Yant. 

Sementara dipilihnya Kota Surakarta atau Solo sebagai tempat pelaksanaan Mukerda ITMA, karena Kota Solo merupakan kota MICE, sehingga para Tour Leader Muslim dapat melakukan semakin pas dengan aktivitas, seperti menjelajahi Kota Solo, sebagai destinasi wisata.

Semoga tulisan tentang tingkatkan silaturahmi dan evaluasi, ITMA DPD Jawa Tengah gelar mukerda ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network