Fakultas Teknik UTP Gelar Kuliah Umum Teknologi Perpipaan, Ini Ulasannya

Asarela Astrid
Fakultas Teknik UTP gelar kuliah umum Teknologi Perpipaan. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Fakultas Teknik (FT) Universitas Tunas Pembangunan (UTP) gelar kuliah umum terkait teknologi perpipaan atap baja galvanis pada bangunan Arsitektur. 

Menurut Kaprodi Arsitektur UTP sekaligus sebagai ketua pelaksana Eduzinc, Bamban Yuwono, tujuan kuliah umum ini adalah untuk membantu mahasiswa menambah wawasan dan pengetahuan sebagai bekal terjun ke dunia industri.

Bamban menambahkan, kuliah di kampus dirasa masih kurang untuk memahami industri konstruksi, sehingga belum dapat memahami teknologi bahan yang biasa digunakan. 

“Karena kita sudah bekerjasama dengan PT. Fumira, PT. Pralon dan IAI, tentunya perusahaan ini sudah menggunakan teknologi terkini," ujar Bamban. 

Secara terpisah, Kepala Bagian QC Dept. PT Pralon, Adi Saksono, 
menjelaskan tentang pengenalan pralon PVC dan HDPE yang merupakan bagian sistem climbing, di mana menjadi instalasi penting pada setiap bangunan. 

Adi menambahkan, mahasiswa Teknik Arsitektur perlu mengenal karakteristik standart pabrik, meliputi SNI, retail, HDPE, dengan pengujian standar pabrik.

"Secara detail kami sampaikan adanya pengujian dari dimensi hingga  laboratori, sehingga diharapkan mahasiswa memahami standar yang digunakan dalam bangunan," jelas Adi. 

Kuliah umum yang diikuti 220 mahasiswa, dari mahasiswa Teknik Sipil dan mahasiswa Arsitektur semester 3 dan semester 5 ini diharapkan Adi dapat memberikan manfaat baik antara UTP dengan PT. Pralon.

Sementara Dedi Susanto, Fumira Regional Sales menjelaskan ingin mengenalkan produknya sejak dini, sebagai salah satu produsen baja lembaran galvanis di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1969. 

Karena itu Dedi menyebutkan, mahasiswa teknik atau arsitektur paling tidak sudah mengenal dan memahami produk Fumira.

Kuliah umum yang dilaksanakan belum lama ini di Ruang Seminar Fakultas Teknik, Kampus 2 UTP Surakarta,  merupakan kerjasama  Fakultas Teknik (FT) UTP dengan PT. Fumira dan PT. Pralon, didukung Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) cabang Surakarta. 

Secara umum, kuliah bertema Eduzinc Galvanized Steel Roofing Plumbing Technology in Architectual Building ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa teknik termasuk arsitektur mampu memperluas kerjasama dengan stakeholder. 

Sehingga ke depan, setelah lulus, mahasiswa bisa mempunyai pengalaman tentang industri, baik bergerak di bidang bangunan ataupun arsitektur. 

Semoga tulisan tentang Fakultas Teknik UTP gelar kuliah umum Teknologi Perpipaan, ini ulasannya dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. 

Editor : Asarela Astrid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network