SMK Kanisius Surakarta Gandeng Profesional untuk Mencapai Target Sekolah Kejuruan Akuntansi Terbaik

Asarela Astrid
SMK Kanisius Surakarta gandeng praktisi profesional untuk mencapai target Sekolah Kejuruan Akuntansi terbaik di Surakarta tahun 2028. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - SMK Kanisius Surakarta gandeng praktisi profesional untuk mencapai target Sekolah Kejuruan Akuntansi terbaik di Surakarta tahun 2028. 

Target ini pelan tapi pasti, telah dijalankan dibuktikan adanya perubahan yang dilalui selama enam bulan terakhir, di mana SMK Kanisius Surakarta menggandeng tiga pengajar, yang merupakan praktisi profesional. 

Tiga praktisi profesional ini adalah Nathan Thomas, S.E., M.Ak., Ak., seorang konsultan pajak yang sudah berpengalaman sebagai professional konsultan pajak lebih dari 11 tahun, yang mengajar mata pelajaran Administrasi Pajak di SMK Kanisius Surakarta. 

Praktisi kedua adalah Ganung AB, S.E., CPA., CPI , pemilik Kantor Akuntan Publik Ganung AB, yang terlibat sebagai guru mata pelajaran Akuntansi Keuangan, di mana telah berpengalaman sebagai akuntan publik selama 22 tahun. 

Praktisi profesional ketiga menjadi guru praktisi mata pelajaran Praktek Akuntansi, yaitu Dr. Dewi Saptantinah, S.E., M.Si., Ak., CA., Akuntan sekaligus pemilik Kantor Jasa Akuntan (KJA) Dr. Dewi Saptantinah, yang telah menekuni dunia akuntansi selama 20 tahun lebih. 

Semenjak menggandeng tiga praktisi profesional di bidang akuntansi, SMK Kanisius mengalami peningkatan pesat yang dianggap luar biasa oleh Ginanjar Rahmawan seorang Certified Financial Planner (CFP), dosen STIE Surakarta, sekaligus pemilik lima HAKI, antara lain yang terbaru berjudul Dr. Gin Research Model Canvas. 

Menurut Ginanjar, keterlibatan praktisi profesional di SMK Kanisius Surakarta selama enam bulan terakhir telah membuat sekolah ini meraih kemenangan di lomba akuntansi yang diselenggarakan STIE Surakarta, Sabtu (10/6/2023) sampai Minggu (18/6/2023). 

Lomba bertajuk Accounting Fun Competition 2023 yang digelar di Solo Paragon Mall ini membawa SMK Kanisius Surakarta menjadi finalis dari 40 tim, yang diikuti puluhan sekolah di Kotamadya Surakarta. 

Drs. Fx. Juli Pramana, M.Si., Kepala Sekolah SMK Kanisius Surakarta merasa antusias terhadap masa depan lulusan akuntansi terutama SMK Kanisius Surakarta, yang berada di bawah Yayasan Kanisius Cabang Surakarta. 

Juli Pramana berharap siswa-siswa akuntansi tetap menumbuhkan kegembiraan, serta semangat bahwa  akuntansi adalah sesuatu yang diperlukan dalam dunia kerja dan   industri bisnis. 

Harapan lain adalah alumni dapat mengembangkan diri, di mana selain bekerja, juga melanjutkan sekolah atau kuliah malam, sehingga diharapkan ke depan dapat mendukung pekerjaan dan karir. 

Di hadapan awak media salam konferensi pers bertema SMK Kanisius Surakarta Meraih Final dalam Lomba Akuntansi tingkat Kota yang diselenggarakan STIE Surakarta", Juli Pramana menambahkan jika SMK yang didasari kejuruan, diberikan kompetensi, keahlian khusus akuntansi pajak dan latihan mengerjakan akuntansi perpajakan, termasuk  mengisi SPT

"Karena itu untuk mempermudah pemahaman siswa SMK Kanisius Surakarta dalam mengerjakan akuntansi perpajakan dan mengisi SPT, kami bekerja sama dengan praktisi," ujar Juli di Hetero Space Solo, Kamis (22/6/3023). 

Kepala Sekolah ini juga berharap agar siswa SMK Kanisius Surakarta selalu  
membawa semangat PSG atau  Pendidikan Sistem Ganda, di mana saat anak berada di sekolah, siswa memiliki semangat belajar untuk dapat masuk dunia kerja.

Demikian juga saat berada di dunia industri, siswa diharapkan mempunyai semangat untuk melanjutkan belajar di perguruan tinggi. 

Sementara Nathan Thomas, S.E., M.Ak., Ak., konsultan pajak menegaskan jika saat ini banyak pengusaha tidak mau bayar pajak bukan karena tidak mau membayar, namun karena kurangnya pengetahuan tentang pajak. 

Hambatan ini ditambahkan Nathan dapat diatasi dengan memanfaatkan SDM lulusan SMK, dalam hal ini jurusan akuntansi SMK Kanisius Surakarta. 

Dr. Ginanjar Rahmawan, S.E., M.M., M.H., CFP., Certified Financial Planner serta dosen STIE Surakarta, berharap 
semakin banyak siswa SMK belajar akuntansi, mengingat kebutuhan akuntan sangat banyak.

Termasuk di dalamnya adalah kebutuhan profesi perpajakan yang dinilai Ginanjar sangat banyak, mengingat ada banyak perusahaan dan jumlah UMKM, yang membutuhkan tenaga akuntansi. 

Ginanjar menambahkan, lulusan akuntansi dapat berkembang, tentunya dengan melakukan upgrade pendidikan, dengan kuliah di jurusan akuntansi. 

"Mari kita cetak SDM akuntansi dari SMK akuntansi, karena teman-teman SMK punya peluang sangat besar, di mana satu client itu butuh berapa karyawan perpajakan, bahkan untuk mengerjakan SPT pribadi," kata Ginanjar. 

Sebagai alat komunikasi bisnis,  akuntansi mampu mengembalikkan posisi bisnis, di mana awalnya negatif menjadi positif berdasarkan pelaporan akuntansi yang diajukan. 

Semoga tulisan tentang SMK Kanisius Surakarta gandeng praktisi profesional untuk mencapai target Sekolah Kejuruan Akuntansi terbaik di Surakarta tahun 2028 ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. 

Silahkan share tulisan ini dan nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id sehingga semakin banyak orang mengetahui informasi menarik lainnya. ***

Editor : Asarela Astrid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network