Walikota Solo, Gibran Ajak Istri dan Putranya, Jan Ethes Sholat Ied di Halaman Balaikota 

Kartika Putra
Walikota Solo, Gibran dan putranya, Jan Ethes Sholat Ied di halaman Balaikota Surakarta. Foto : iNewsbadung.id / Kartika Putra

SOLO, iNewsbadung.id - Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melaksanakan Sholat Ied di Balaikota Surakarta pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, Sabtu (22/4/2023). 

Gibran mengajak istri Selvi Ananda dan putranya Jan Ethes Srinarendra untuk Sholat Ied di halaman Balaikota Surakarta. Tiba sekitar pukul 06.15, Gibran langsung menempatkan diri bersama Jan Ethes di saf pertama. 

Sementara Selvi Ananda berbaur dengan jemaah perempuan yang berada di sisi selatan lapangan utama Balaikota Surakarta. 

Gibran mulai menyiapkan diri untuk mengikuti Sholat Ied yang digelar bersama ribuan jemaah yang berada di lapangan rumput hijau. Jan Ethes tampak mengikuti Gibran mengambil posisi di saf depan. 

Jemaah mulai satu per satu tiba dan memilih tempat dan menggelar sajadah. Para jemaah tiba di lokasi ada yang sendiri, bersama rekan dan ada yang mengajak rombongan keluarga. 

Jemaah yang melaksanakan Sholat Ied di halaman Balaikota Surakarta, tidak saja warga Solo, namun berbaur dengan warga yang sedang mudik ke Solo. Hal itu bisa terlihat dari kendaraan roda empat yang terparkir di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Arifin, yang terlihat kendaraan berplat DK (Bali), B (Jakarta), L (Surabaya), W (Sidoarjo), N (Malang) dan masih banyak lagi kendaraan-kendaraan luar kota yang memadati parkiran di sekitar Balaikota Surakarta. 

Pukul 06.30 WIB, Sholat Ied dimulai. Gibran tampak khusyuk mengikuti Sholat Ied. Gibran yang mengenakan baju putih terlihat memejamkan mata, berdoa mengikuti imam. Demikian juga para jemaah yang hadir, terlihat khidmat mengikuti, hal itu tergambar dari wajah para jemaah yang bersinar segar merayakan kemenangan usai berpuasa sebulan lamanya. 

Sejauh ini, Balai Kota memang sering dipergunakan untuk berbagai perayaan keagamaan. Plaza Balaikota kerap menjadi tempat memasang berbagai replika atau simbol-simbol keagamaan. Saat Perayaan Nyepi tanggal 22 Maret lalu, di depan lapangan Balaikota (Plaza Balaikota) juga dipasang panggung dan ornamen khas Bali dan digelar festival Ogoh-Ogoh. Tidak hanya umat Hindu, Balaikota Solo juga menjadi simbol toleransi dan keberagamaan agama dan etnis lainnya. 

Dipelopori Walikota Solo, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta mengajak kehidupan toleran dan damai antar pemeluk agama dan etnis untuk hidup rukun dan saling menghargai. Warga Solo pun juga merasakan, kehidupan beragama yang indah dan damai semakin meningkat. 

Anisa, salah seorang warga Pekalongan yang ikut Sholat Ied di halaman Balaikota Solo mengaku senang bisa mengikuti Sholat Ied di Balaikota Solo. 

“Sudah lama saya ingin main ke Balaikota Solo, karena banyak di sosial media, tempat ini menjadi simbol kerukunan umat beragama yang didukung sama Walikotanya,” ungkap gadis manis berkerudung ini, Sabtu (22/4/2023) kepada iNewsbadung.id. 

Selesai melaksanakan Sholat Ied, Gibran bersama putranya, Jan Ethes membagikan amplop fitrah kepada ratusan anak yang mengikuti sholat Idul Fitri di Balaikota Surakarta. 

Tidak hanya ingin menerima amplop lebaran, namun anak-anak yang diajak keluarganya, juga berebut ingin berfoto bersama Gibran dan Jan Ethes. 

Dengan sabar Gibran meladeni warga untuk berfoto atau mengambil video. Saking berjubelnya warga yang ingin bersalaman dan berfoto dengan Gibran, Jan Ethes memilih mundur ke Pendopo Balaikota. 

Ditemani seorang Paspampres, Jan Ethes mundur dan masuk ke dalam Pendapo Balaikota. Melihat Jan Ethes, warga kembali mendekatinya dan ingin berfoto bersama cucu Presiden RI Joko Widodo ini. Jan Ethes dengan senyum lucunya, sabar juga meladeni warga yang ingin berfoto bersamanya. 

Semoga tulisan Walikota Solo, Gibran ajak istri dan putranya, Jan Ethes Sholat Ied di halaman Balaikota Surakarta ini bermanfaat bagi para pembaca. 

Silahkan share tulisan ini dan nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id, agar semakin banyak orang mengenal dan mengetahui informasi yang menarik dan benar. ***

 

Editor : Asarela Astrid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network