GKJ Ambarukmo, 59 Tahun Mewarnai Kekristenan di Yogyakarta

Airlangga Maryanto
GKJ Ambarukmo, 59 Tahun Mewarnai Kekristenan di Yogyakarta. Foto : galeri GKJ Ambarukmo

Bersamaan itu pula ditahbiskan Yusri Panggabean, S.Th., sebagai Pendeta Pelayanan Umum dengan penugasan pelayanan mahasiswa atas prakarsa Badan Kerjasama Persekutuan Gereja Indonesia Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (BKS PGI GMKI Cabang Yogyakarta).

Pada 1 Agustus 1984, Pdt. Marlan Hardjosuwarno, pendeta pertama GKJ Ambarukmo, memasuki masa emeritus. Sebagai konsulen, yang ditunjuk Klasis Yogyakarta Timur adalah Pdt. Imam Sukarjo, pendeta GKJ Samirono Baru. Selanjutnya pada tanggal 15 Juli 1987, Bambang Subagyo, Sm.Th., ditahbiskan menjadi pendeta jemaat GKJ Ambarukmo yang kedua, dan kemudian melanjutkan studi untuk menempuh program S1 Teologia.  

Berdirinya Pepanthan Nologaten

Salah satu wilayah GKJ Ambarukmo yang mempunyai daerah yang cukup luas adalah wilayah enam, yang kebetulan terdapat pendidikan Kristen, yakni PGAK / P (sekarang STAK Marturia). 

Melalui Pengurus Yayasan Pendidikan Kristen Marturia, Majelis GKJ Ambarukmo mendapatkan izin menggunakan tiga ruangan kelas untuk dapat digunakan sebagai tempat ibadah Minggu pertama kali tanggal 1 Maret 1986.

Majelis GKJ Ambarukmo pun terus berupaya mengusahakan tanah di sekitar daerah Nologaten untuk dapat dibangun gedung Gereja.

Akhirnya Majelis GKJ Ambarukmo dapat bekerjasama dengan Pengurus YPK Marturia untuk membangun gedung Gereja di lokasi Kampus STAK Marturia di Dusun Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Setelah mendapatkan ijin prinsip dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman, acara peletakan batu pertama dilaksanakan pada 12 Juni 1993 oleh Bupati Sleman, Drs. H. Arifin Illyas.

Selanjutnya tanggal 17 Januari 1997, Purwantoro Kurniawan, S.Th., sebagai pendeta dan ditahbiskan pada Jumat 17 Januari 1997, bersamaan dengan peresmian Gedung 3 GKJ Ambarukmo di Nologaten oleh Bupati Sleman.

Dengan dibangunnya Gereja di Nologaten, Sleman, GKJ Ambarukmo memiliki tiga gedung Gereja, yaitu Gedung Gereja satu di Papringan, Gedung Gereja dua di Karangbendo, dan Gedung Gereja tiga di Nologaten, Caturtunggal. 

Editor : Asarela Astrid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network