Sekilas Menjelang dan Pelaksanaan Hari Raya Nyepi, Lancar Penuh Khusyuk

Asarela Astrid
Pawai Ogoh-ogoh, menjelang Hari Raya Nyepi, turun di jalan, seluruh Kabupaten Badung, Bali. Foto : IG @pemkabbadung

BADUNG, iNewsbadung.id - Sekilas menjelang dan pelaksanaan Hari Raya Nyepi, lancar penuh khusyuk, sudah dilakukan umat Hindu di Badung, Bali.

Masyarakat Hindu yang merupakan mayoritas di Pulau Bali, terkhusus Badung secara bahu membahu, bergotong royong, mempersiapkan segala hal menjelang dan pelaksanaan Hari Raya Nyepi

Berbagai rangkaian kegiatan telah dipersiapkan, agar pelaksanaan Hari Raya Nyepi berjalan lancar, terlebih untuk melestarikan tradisi, budaya dan adat istiadat Bali.

Dari anak-anak, pelajar PAUD hingga dewasa, tanpa terkecuali ikut terlibat dalam persiapan menjelang perayaan Hari Suci Nyepi. 

Terkait tulisan sekilas menjelang dan pelaksanaan Hari Raya Nyepi, lancar penuh khusyuk, inilah rangkuman iNewsbadung.id dihimpun dari IG resmi Pemkab Badung. 

1. Lomba Ogoh-ogoh Pratama Wisya Pasraman 

Untuk mengasah bakat, dan kemampuan anak-anak, serta mengenalkan budaya Bali, Kementerian Agama Kabupaten Badung bersama Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pratama Widya Pasraman (Himprawira) menggelar Lomba Ogoh-ogoh Pratama Widya se Kabupaten Badung, Jumat (10/3/2023) di depan Kantor Kementerian Agama. 

2. Pasar Murah 

Menyambut Hari Raya Nyepi, Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK, telah menggelar Pasar Murah di Lapangan Parkir Selatan Puspem Badung, Kamis (16/3/2023), menggandeng 25 UMKM di Badung, yang menjual bahan kebutuhan pokok dan kebutuhan lain menjelang hari raya. 

3. Pawai Ogoh-ogoh PAUD

Pawai Ogoh-ogoh PAUD juga digelar Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal, Kamis (16/3/2023) di Wantilan Kantor Desa Ayunan, dimana bertujuan untuk  mengembangkan kreativitas, serta membangun karakter anak-anak, agar memahami kearifan budaya lokal terkait perayaan Hari Suci Nyepi. 

4. Parade Ogoh-ogoh 

Parade Ogoh-ogoh PAUD juga digelar Jumat (17/3/2023) di Ruang Terbuka Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, melibatkan 780 murid PAUD se Kecamatan Mengwi, untuk memperkenalkan adat istiadat, serta budaya Bali pada anak-anak usia dini.

5. Lomba Ogoh-ogoh 

Satu bulan menjelang Hari Raya Nyepi dilaksanakan, Lomba Ogoh-ogoh se Kabupaten Badung juga telah dilaksanakan secara meriah, dengan tampilan Ogoh-ogoh yang menawan dan luar biasa. 

6. Pawai Ogoh-ogoh 

Malam menjelang dimulainya Hari Raya Suci Nyepi, Selasa (21/3/2023), Pawai Ogoh-ogoh memenuhi Pulau Bali, tidak terkecuali Kabupaten Badung juga menggelar pawai ini, seperti yang juga dilakukan Desa Abiansemal, dimana pawai ini merupakan bagian dari upacara Pengerupukan. 

6. Hari Ngembak Geni 
Berakhirnya Catur Brata Penyepian, yang dimulai Kamis (23/3/2023), seluruh umat Hindu di Bali, termasuk Kabupaten Badung, melaksanakan Hari Ngembak Geni, ditandai dengan saling mengunjungi keluarga, kerabat, rekan, teman dekat untuk saling memaafkan. 

Selain kegiatan diatas, berbagai rangkaian upacara juga telah dilaksanakan umat Hindu di Bali, yakni Upacara Melasti, yang bermakna membersihkan Bhuana Alit atau  kekuatan dalam diri manusia, dan Bhuana Agung, yakni alam semesta, yang dilakukan di segara atau laut.

Sementara upacara Tawur Agung Kesanga dilakukan sehari sebelum hari raya Nyepi, di Lapangan Puputan Badung, Denpasar, dimana upacara yang juga disebut upacara Bhuta Yadnya, dilaksanakan kesejahteraan, serta keselarasan alam. 

Semoga tulisan sekilas menjelang dan pelaksanaan Hari Raya Nyepi, lancar penuh khusyuk ini dapat memberikan gambaran bagi para pembaca, sehingga dapat tercipta dan terjaga toleransi antar umat beragama. 

Nantikan terus tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung, dan silahkan share tulisan ini, tidak lupa, segenap tim redaksi iNewsbadung.id mengucapkan Rahajeng Rahina Nyepi Caka 1945, Dumogi Nyepi Prasida Kaanggen, Jalaran Ngeret Indria. ***

Editor : Bramantyo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network