Mengungkap Makna Falsafah Jawa, Direnungkan jadi Pedoman Hidup

Asarela Astrid
Falsafah hidup orang jawa yang penuh dengan makna dan arti (Foto: ilustrasi/Sasin Tipchai/Pixabay)

JAKARTA,iNewsbadung.id - Ada banyak sekali falsafah hidup di negeri ini yang dapat dijadikan pedoman hidup, salah satunya adalah falsafah Jawa.

Falsafah Jawa pun ada banyak, bahkan jumlahnya tidak terhitung, namun demikian setiap falsafah memiliki makna masing-masing. 

Apa makna falsafah Jawa, yang dapat direnungkan dan menjadi pedoman hidup, inilah 9 falsafah Jawa, yang dirangkum iNewsbadung.id dari Instagram resmi @swaragembira, sebuah revolusi seni budaya Indonesia. 

1. Urip Iku Urup

Hidup itu harus menyala, dimana filosofi ini mengajak manusia untuk membuat hidupnya menyala, membantu orang-orang di sekitar, dan harus menjadi bermanfaat. 

2. Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman

Artinya, agar jangan mudah heran, mudah menyesal, mudah terkejut, dan manja, dimana filosofi ini mengajarkan menjadi orang adaptif, dapat menerima semua keadaan, sehingga tidak menjadi beban untuk diri sendiri dan orang lain.

3. Nerima Ing Pandum

Falsafah Jawa ini mengajarkan kita untuk menerima segala pemberian, ikhlas menghadapi segala hal yang terjadi dalam hidup, sehingga tidak menjadi serakah dan menginginkan sesuatu yang bukan menjadi hak kita.

Editor : Bramantyo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network