Ingat, Perayaan Imlek 2574 di Solo Berbeda dan Tidak Berkiblat ke China

Asarela Astrid
Perayaan Imlek di Solo berbeda dan tidak berkiblat ke China (Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid)

7. Gift Imlek 

Gift Imlek disiapkan panitia bagi 200 pendonor, berupa pigura bertuliskan nama pendonor dalam bahasa China, sertifikat pendonor, serta disediakan photobooth. 

8. Dukung Grebeg Sudiro 

Tidak hanya itu, agenda perayaan Imlek juga dimeriahkan dengan memberikan dukungan perayaan Grebeg Sudiro, yang akan digelar Minggu (15/1/2023).

9. Kembang Api 

Kemeriahan perayaan Imlek akan semakin terasa saat dilakukan pemasangan kembang api, pada Malam Tahun Baru Imlek, Sabtu (21/1/2023) pukul 24.00 wib, dimana kembang api akan dinyalakan selama 30 menit. 

10. Kirab Barongsai 

Kirab Barongsai keliling kota akan dilakukan Sabtu (4/2/2023), dengan rute berbeda setiap kelompok barongsai. 

11. Gandeng Tiga Barongsai 

Dari enam perkumpulan barongsai di Kota Solo, hanya ada tiga perkumpulan yang akan mengikuti kirab, yakni Barongsai Tri Pusaka, Barongsai Macan Putih Sudiroprajan dan Barongsai Budi Dharma.

12. Tiga Rute 

Setiap perkumpulan barongsai melewati rute berbeda-beda, dimana rute Barongsai Tri Pusaka akan melalui Klenteng Coyudan, Kalilaramgan, Klewer, Kratonan hingga Notosuman. 

13. Rute Kedua 

Rute kedua adalah Barongsai Macan Putih Sudiroprajan, akan melalui Pasar Gede, Suryopranoto, Kepatihan, Urip Sumoharjo, Warungmiri, Juanda serta berhenti di toko elektronik Gemblegan.

14. Rute Ketiga 

Rute ketiga adalah rute Barongsai Budi Dharma, dengan rute bekas POM Ledoksari sampai Pasar Legi. 

15. Cap Go Meh 

Puncak perayaan Imlek yakni Cap Go Meh akan dimeriahkan bersama Pemerintah Kota Surakarta, dimana akan digelar di Pendhapi Gedhe Balaikota, Minggu (5/2/2023), pukul 18.00 wib, menghadirkan tiga barongsai bergantian tampil.

16. Libatkan PKL 

Perayaan Imlek tahun ini tidak lagi dimeriahkan Solo Imlek Festival, mengingat pagelaran tersebut kurang maksimal, membutuhkan biaya besar, serta hanya diikuti perusahaan besar, sehingga salah satu visi misi adalah menghidupkan PKL kurang terwadahi.

Nah agenda perayaan Imlek sudah tertulis, saatnya untuk mencatat dan mengingat agenda ini, sehingga para pembaca tidak ketinggalan mengikuti perayaan Imlek di Kota Solo yang jelas berbeda dan tidak berkiblat ke China. ***

Editor : Dian Burhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network