Sejarah PT Rapi: Dibesarkan oleh Rute Medan – Pekanbaru

Burhani
PT Rapi bus lintas antar Sumatera ini awalnya hanya memiliki dua bus dan didirikan oleh Pasutri (Foto: Instagram)

MEDAN, iNewsbadung.id - Bagi masyarakat Sumatera khususnya Medan tentu tak asing dengan PO bus satu ini. Bus satu ini bisa dikatakan salah satu raja transportasi di trayek antar provinsi di lintas Sumatera. Dialah PT Rapi yang memiliki kepanjangan dari PT Raja Perdana
Inti (PT Rapi) dan berkantor pusat di Kota Medan.

Bus ini awalnya didirikan oleh pasangan suami istri, Norman Dinata (Ko Ahai) dan Istrinya. Saat pertama berdiri pada tahun 22 Desember 1998, Ko Ahai hanya memiliki dua unit bus.

Dua unit bus ini dipakai untuk melayani trayek Medan – Pekanbaru pulang pergi. Hingga 1999 PT RAPI berkembang dengan penambahan armada dan trayek, melayani jurusan Medan – Rengat (PP) dan Medan – Palembang (PP).

Seiring perjalanan waktu, banyak masyarakat yang memberikan kepercayaan pada PT Rapi sebagai sarana transportasi pulang dan pergi.

Disadur iNewsbadung.id dari Website PT Rapi, pada 2003 perusahaan otobus ini melakukan peremajaan armada dan pemindahan loket ke lokasi yang lebih mendukung.

Serta penambahan trayek Medan-Simpang granit, Medan-Jambi, Medan - Pranap, Medan -  Palembang, Medan - Prabumulih, Medan - Simpang Niam serta bus jurusan Sidikalang Toba Jambi via Sipirok.

Agar memanjakan para penumpangnya, PT Rapi menambah beberapa layanan bus PT Rapi yang terdiri dari 4 kelas yaitu Super Executive class, Royal Executive Class, Executive Class dan Ekonomi Class Non AC.

Seluruh armada bus PT Rapi dilengkapi dengan fasilitas berupa toilet yang khusus untuk buang air kecil pada semua kelas.

Editor : Dian Burhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network