Mengulik Jejak Berdirinya PO Bus Lorena, Berawal Kenekatan Seorang Tentara hingga Punya 500 Armada

Fidila Anjani
Berawal kenekatan seorang prajurit TNI dirikan PO Bus Lorena, Berbuah manis miliki 500 armada (Foto: instagram)

JAKARTA,iNewsbadung.id - Siapa yang tak kenal dengan bus malam cepat Lorena. Pasti semua pengguna moda transportasi darat telah mengenal bus yang sangat khas dengan warna hijau putih ini. Tapi siapa sangka bila perusahaan otobus ini didirikan karena kenekatan dari seorang prajurit TNI?

Awalnya Gusti Terkelin Soerbakti adalah tentara Angkatan Darat yang bertugas di Kodam XVI Udayana Bali, sepanjang 1963-1965. Kemudian pria yang akrab disapa Soerbakti ini pun dipindah tugas ke Jakarta. 

Di Jakarta inilah Soerbakti melihat bila moda transportasi yang menghubungkan Jakarta dan Bogor di era '70-an itu sangat minim. Dari sinilah Soerbakti nekad mendirikan perusahaan otobus. Meskipun saat itu dananya sangat minim.

Soerbakti dalam buku 36 Profil Wirausaha Sukses Indonesia karya Safaruddin Husada pada 1996, mengatakan, harus menjual rumahnya untuk modal mendirikan CV Lorena Transport, pada 9 September 1970. Tanpa pengalaman bisnis, dia mengaku, hanya punya keberanian untuk membesarkan Lorena. 

Sekitar 3 tahun setelah berdiri, Lorena akhirnya turun ke jalan dengan dua bus Mercedes-Benz OF 1113 dengan rute Bogor-Jakarta. Ketika PO bus ini mulai dilirik masyarakat, Lorena kemudian membuka trayek baru Jakarta-Bandung, pada 1975. 

Dari trayek pendek, Lorena mulai menjajal rute jarak jauh dengan membuka trayek Jakarta-Surabaya, pada 1984. Ekspansi trayek diiringi dengan perkuatan fasilitas armada untuk melayani perjalanan di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali. 

Editor : Dian Burhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network