Mengapa Orang Batak Sangat Menjunjung Tinggi Marga? Simak Penjelasannya

Novie Fauziah
Suku Batak (dok Freepik)

BADUNG,iNews.id - Suku Batak salah satu suku terbesar di Indonesia, keberadaan mereka juga cukup tersebar di berbagai daerah. Suku ini umumnya berasal dari Pantai Barat dan Pantai Timur di Provinsi Sumatera Utara.

Uniknya, orang Batak memiliki marga yang menjadi identitas dirinya lho. Jadi tidak perlu heran, apabila masing-masing dari mereka memiliki marga berbeda-beda. 

Selain itu Suku Batak terbagi ke dalam enam sub-suku atau puak, yaitu Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.

Lantas, apa marga bagi orang Batak sangatlah penting? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 9 alasan di antaranya.

1. Identitas Asli

Marga merupakan identitas asli dari Suku Batak itu sendiri. Mereka sangat menjunjung tinggi marga, karena ada hubungannya dengan silsilah keturunan nantinya.

Marga sebagai identitas asli orang Batak juga dapat ditunjukan, ketika mereka berada di daerah di luar kampung halamannya. Merantau misalnya.

2. Silsilah keturunan

Bagi orang Batak, marga menunjukan silsilah keturunan dari mana iia berasal sehingga bisa diketahui asal mula nenek moyangnya. Tak sedikit pula, orang Batak memilih menikah yakni dengan menentukan marga mana yang akan dipinangnya.

Editor : Dian Burhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network