Sosok Pencipta Lagu Ojo Dibandingke, Ternyata Asli Lereng Gunung Merapi

Arya Ravato Bagasraga
Abah Lala, Pencipta lagu Aja dibandike ternyata berasal dari lereng Gunung Merapi (Foto: Sindonews)

BADUNG, iNews.id - Lagu Ojo Dibandingke viral usai lagu ini dibawakan Farel Prayoga di depan Presiden Jokowi saat upacara Kemerdekaan Republik Indonedia yang ke 77, di Istana Negara.

Lagu tersebut sukses 'menggoyang' istana. Tamu undangan, bahkan beberapa menteri juga petinggi TNI turun panggung dan bergoyang. Tidak terkecuali ibu Negara Iriana juga terlihat menggoyangkan tangan meski dalam posisi duduk di kursi. 

Lagu Ojo Dibandingke sendiri merupakan ciptaan seniman asal Musuk, Boyolali dengan nama panggung Abah Lala. Pemilik nama lengkap Agus Purwanto ini lahir di Boyolali. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022), berikut ulasannya.

Mengenal Pencipta Lagu Ojo Dibandingke. Karier Abah Lala sebagai seniman diawali dari genre dangdut sejak 2009. Pada mulanya Abah Lala berkarier sebagai Seniman Gedruk (tarian tradisional Boyolali).

Selain menjadi penari Gedruk, dia juga menjadi penyanyi di Group Gedruknya yang bernama Saleho. Abah Lala menjadi ketua Saleho hingga membawa grup tersebut sampai ke Mancanegara. Abah Lala pernah mendirikan Orkes Melayu atau OM yang diberi nama MG 86. Personel MG 86 terdiri atas mantan tenaga kerja indonesia (TKI) dan petani ladang. 

Dilansir dari kanal YouTube pribadinya bernama Abah Lala Official, sekira 2018 lalu Abah Lala mencetuskan jargon atau senggakan cendhol dhawet. Jargon tersebut menjadikan dirinya naik daun hingga menambah jadwal manggung di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Sementara itu, viralnya lagu Ojo di Bandingke yang dibawakan di depan Jokowi rupanya sampai ke telinga Abah Lala. Lewat akun Instagramnya, Abah Lala  yang merupakan pencipta lagu Ojo di Bandingke mengungkapkan rasa syukur dan haru karena lagu miliknya diperdengarkan di hadapan Presiden.

"Puji syukur alhamdulillah, lagunya dinyanyikan di Istana Negara, spesial Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pokoknya tetap semangat. Merdeka, merdeka, merdeka!" kata Agus Purwanto dalam unggahan videonya di akun @abahlalareal.

Dia juga menuliskan rasa syukurnya itu lewat caption postingannya. Dirinya mengaku bangga lagu tersebut ikut meramaikan HUT ke-77 RI.

"Alhamdulillah ikut bangga lagu Jawa yang berjudul Ojo Dibandingke bisa ikut berpartisipasi meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 77," tulis Abah Lala.

Editor : Bramantyo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network